Bikin tahan lama disimpan, ini trik agar donat tak berminyak dan cepat kempis setelah digoreng

Bikin tahan lama disimpan, ini trik agar donat tak berminyak dan cepat kempis setelah digoreng
Instagram/@yenni_indah31

Donat merupakan camilan yang digemari banyak orang dan berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tidak akan menolak kudapan satu ini. Selain teksturnya lembut, donat juga memiliki banyak topping. Variasi rasa mulai dari cokelat, keju, atau bahkan rasa baru misalnya matcha, red velvet, tiramisu, avocado, atau kacang.

Sayangnya, di balik rasa donat yang lezat, ada proses pembuatan yang cukup rumit. Banyak orang kerap gagal membuat donat setelah menggorengnya. Pasalnya, menggoreng donat secara asal-asalan bisa membuat bentuknya jadi kempis atau cepat berminyak. Hal ini tentu membuat donat jadi nggak tahan lama jika hendak disimpan.

Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya donat tidak berminyak cepat kempis usai digoreng. Jika bingung, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @yenni_indah31 saat membuat donat. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bahkan penambahan bahan tertentu dan proses penggorengan bisa menentukan tekstur donat.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @yenni_indah31 pada Sabtu (27/7), hal pertama yang harus dilakukan adalah memerhatikan penambahan lemak. Dalam hal ini, lemak bisa berupa minyak goreng atau margarin. Pada umumnya, minyak atau margarin ditambahkan untuk membantu membuat donat menjadi lebih lembut dan empuk.

 

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya