Auto putih tanpa disikat, ini cara cuci peci kusam dan penuh noda hitam agar cerah lagi

Auto putih tanpa disikat, ini cara cuci peci kusam dan penuh noda hitam agar cerah lagi
Facebook/Fitri Rahmawati

Brilio.net - Peci putih termasuk atribut yang sering digunakan dalam berbagai acara keagamaan dan agenda formal. Namun, warna putih pada peci sering kali menimbulkan tantangan tersendiri dalam perawatannya. Peci putih cenderung mudah kusam dan penuh noda hitam, terutama jika sering digunakan. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor, mulai dari keringat, debu, hingga kontak langsung dengan tangan yang tidak selalu bersih.

Kekusaman pada peci putih dapat mengurangi kesan bersih dan rapi yang seharusnya ditampilkan oleh pemakainya. Noda hitam yang sering muncul di bagian tepi dan puncak peci, bisa sangat mengganggu penampilan. Penggunaan peci dalam jangka waktu lama tanpa perawatan tepat juga memperparah kondisi ini, sehingga membuat peci terlihat usang dan tidak terawat. Oleh karena itu, menjaga kebersihan peci putih menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Nah, jika sudah telanjur kusam dan menghitam, kamu perlu metode pencucian khusus. Biasanya sejumlah orang akan merendamnya dalam pemutih atau bahkan peci disikat dengan kuat. Metode tersebut dinilai bisa melunturkan berbagai macam noda membandel yang menempel di peci.

Sayangnya dalam beberapa kasus, cara ini bisa menimbulkan dampak lain. Jika bahan peci terlalu tipis, cairan pemutih dan sikat bisa membuat peci rusak. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian mencari metode lain yang lebih praktis dan aman.

Pengguna Facebook bernama Fitri Rahmawati termasuk salah satu orang yang menggunakan cara praktis dan aman dalam mencuci peci putih. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur untuk mencuci peci kusam agar cerah lagi warnanya. Nah, bahan-bahan dapur ini cenderung aman digunakan karena tidak merusak kain.

Auto putih tanpa disikat, ini cara cuci peci kusam dan penuh noda hitam agar cerah lagi

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Dilansir BrilioFood dari Facebook Fitri Rahmawati pada Selasa (10/9), bahan dapur yang dimaksud adalah micin, sabun cuci piring, dan air panas. Jadi, cukup campur semua bahan-bahan ini dalam wadah atau ember kecil. Setelah itu, aduk-aduk sampai rata dan semua bahan benar-benar larut.

Auto putih tanpa disikat, ini cara cuci peci kusam dan penuh noda hitam agar cerah lagi

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Kemudian masukkan peci yang hendak dicuci. Tekan-tekan dan rendam peci sampai airnya jadi lebih dingin. Nah, proses perendaman ini akan membuat semua noda yang menempel pada peci jadi luruh ke dalam air. Oleh sebab itu, peci bisa kembali putih dan cerah lagi meski tidak disikat.

Auto putih tanpa disikat, ini cara cuci peci kusam dan penuh noda hitam agar cerah lagi

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Dalam video tersebut, pengguna Facebook Fitri Rahmawati menunjukkan hasil peci yang sudah direndam. Sesaat setelah diangkat dari baskom, peci tersebut benar-benar tampak lebih bersih, lho. Jika sudah seperti ini, kamu bisa langsung membilasnya begitu saja dan jemur sampai kering.

Telah ditonton lebih dari 1 juta kali, video tentang cara cuci peci kusam ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna Facebook lain yang kemudian memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku takjub dengan hasil peci yang tampak lebih kinclong.

"Wahh langsung kinclong," papar Facebook Leny Maryati.

"wah aku lagi butuh ini buat nak pondok ka fit makasih ya," sahut Facebook ERna MiNie.

"Waw jd bersih ya seperti baru," kata Facebook Lia Putra.

"Mantap terimakasih ilmunya," tulis akun Facebook Raid Ronggo.

"ok, terima kasih tipsnya,siap untuk mencoba," komentar akun Facebook Prapti.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya