Auto empuk dalam 5 menit, trik masak kolang-kaling ini antialot dan tak asam tanpa campuran rempah

Auto empuk dalam 5 menit, trik masak kolang-kaling ini antialot dan tak asam tanpa campuran rempah
Instagram/@sekolahbaking

Dengan tekstur kenyal dan rasa yang netral, kolang-kaling sering digunakan untuk berbagai hidangan seperti es campur, kolak, puding, serta lainnya. Namun, meskipun kolang-kaling menawarkan rasa dan tekstur yang unik, butuh pengolahan yang tepat supaya bahan makanan ini bisa dikonsumsi. Salah satu tantangan utama adalah proses pembersihan dan pemasakan kolang-kaling yang memerlukan perhatian khusus untuk memastikan kualitasnya tetap baik.

Saat dibeli di pasar, kolang-kaling biasanya masih dalam kondisi mentah. Perlu dicuci dengan teliti untuk menghilangkan kotoran dan bau yang tidak diinginkan. Jika hanya dibilas dengan air, bau asam dari kolang-kaling masih menempel kuat. Nah, bau ini harus benar-benar hilang jika ingin hasil kolang-kaling jadi lebih lezat.

Selain itu, proses perebusan kolang-kaling juga perlu dilakukan dengan hati-hati. Jika direbus terlalu lama, kolang-kaling bisa menjadi terlalu lembek dan kehilangan tekstur kenyal yang diinginkan. Sebaliknya, jika tidak direbus cukup lama, teksturnya malah masih keras dan kurang nyaman saat dimakan.

Supaya hasil kolang-kaling lebih nikmat, kamu bisa meniru trik memasak yang dilakukan pengguna Instagram @sekolahbaking. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet tersebut membeberkan trik mengolah kolang-kaling agar hasilnya bisa empuk sekalipun hanya direbus dalam 5 menit. Nah, perebusan ini juga praktis karena kamu tak perlu menggunakan aneka jenis rempah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @sekolahbaking pada Kamis (19/9), hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih kolang-kaling. Semakin sering dicuci, lendir yang menyebabkan bau asam akan semakin hilang. Jika perlu, cuci bersih minimal tiga kali dengan air yang berbeda.

 


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya