Atasi ruangan bau setelah goreng ikan hanya pakai 1 bahan dapur, simpel dan mudah dipraktikkan

Atasi ruangan bau setelah goreng ikan hanya pakai 1 bahan dapur, simpel dan mudah dipraktikkan
TikTok/@aribasfoodmood

Brilio.net - Makanan yang digoreng selalu menggugah selera. Selain karena enak, menu gorengan juga mudah untuk dibuat di rumah. Kamu bisa menggoreng berbagai jenis makanan, mulai dari camilan hingga lauk yang disajikan dengan nasi. Salah satu gorengan favorit yang sering dimasak di rumah adalah ikan goreng. Teksturnya yang lembut dan rasa gurihnya seringkali membuat ingin menambah porsi nasi.

Namun, meskipun ikan goreng enak dan simpel dibuat, ada masalah lain yang kerap muncul, yaitu baunya. Saat ikan digoreng, ia menghasilkan aroma kuat yang bisa menyebar ke seluruh dapurdan bertahan cukup lama. Meskipun jendela sudah dibuka, terkadang aroma ikan goreng tetap tinggal di ruangan. Bau ini bisa membuat suasana dapur jadi kurang nyaman. Tentu hal ini cukup mengganggu, apalagi jika kamu ingin dapur tetap harum.

Untuk mengatasi bau tak sedaptersebut, banyak orang memilih menggunakan pengharum ruangan. Namun, selain cara itu, ada trik lain yang lebih sederhana dan bisa kamu coba. Trik ini dibagikan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @aribasfoodmood. Dengan metode yang simpel ini, kamu bisa menghilangkan bau ikan goreng tanpa perlu repot-repot pakai pengharum ruangan.

Triknya sangat mudah diikuti dan hanya memerlukan satu bahan dapur yang sudah pasti kamu miliki di rumah. Metode ini tidak hanya efektif mengusir bau, tetapi juga cepat dan praktis. Jadi, jika kamu sering memasak ikan goreng dan ingin dapur tetap wangi, cobalah cara ini di rumah. Dijamin, bau ikan yang mengganggu akan segera hilang.

"Light bay leaves (Bakar daun salam)," jelasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @aribasfoodmood pada Rabu (18/9).

Atasi ruangan bau setelah goreng ikan hanya pakai 1 bahan dapur, simpel dan mudah dipraktikkan

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Pemilik akun TikTok @aribasfoodmood mengatakan, ia pakai daun salam yang sudah kering. Tapi, kamu pun bisa pakai daun salam yang masih segar, lho. Caranya, tinggal bakar satu lembar atau lebih daun salam pakai api dari kompor, lilin, maupun torch.

Dijamin, tak lama kemudian, berkat daun salam, aroma dapur jadi lebih wangi dan perlahan bau khas ikan goreng memudar. Dilansir dari allrecipes.com, daun salam yang dipanaskan dapat mengeluarkan aroma mirip mentol dan eukaliptus.

Atasi ruangan bau setelah goreng ikan hanya pakai 1 bahan dapur, simpel dan mudah dipraktikkan

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Gimana, kamu tertarik mencoba mengatasi ruangan bau usai menggoreng ikan pakai trik ini? Menilik kolom komentar di unggahan TikTok @aribasfoodmood, beberapa warganet mengaku tertarik, lho. Di sisi lain, ada pula yang membagikan trik lain. Video ini pun sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

@aribasfoodmood DID YOU KNOW #tips #hacks #tipsandtricks #didyouknow #didyouknowfacts #kitchenhacks #fishbake #smellyfish #fishsmell #getridofit #lifehack #burning #bayleaf #bayleaves #negetivity #negetiveenergy #lifehackstiktok #fy #fyp #fypage #fypviral #foryou sonido original - El exótico

"Or just boil whole spices like cinnamon cloves cardamom on the stove with maybe an orange or lemon (Atau rebus kayu manis, cengkeh, dan kapulaga, bisa juga tambah jeruk atau lemon)," imbuh TikTok @SprinklityDrinklity.

"Great tip! I am trying it out for sure (Trik yang bagus! Aku pasti coba)," ujar TikTok @Richelle.

"or just put garlic cloves when frying fish. it will get rid of the smell. you're welcome (Taruh bawang putih pas goreng ikan. Bisa hilangkan barunya)," jelas TikTok @Del ‍.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya