9 Rekomendasi makanan bantu tingkatkan fokus, cocok buat yang hobi ngerjain tugas dengan cara SKS

9 Rekomendasi makanan bantu tingkatkan fokus, cocok buat yang hobi ngerjain tugas dengan cara SKS
foto: pexels.com

Brilio.net - SKS atau sistem kebut semalam adalah metode yang sering dipakai oleh banyak orang, terutama mahasiswa saat menghadapi tugas atau ujian. Singkatnya, mereka baru mulai mengerjakan atau belajar sehari sebelum tenggat waktu. Biasanya, metode ini dilakukan karena merasa waktu sebelumnya masih banyak atau tidak sempat mengerjakan tugas. Akibatnya, mereka harus begadang hingga larut malam dan berharap bisa menyelesaikan semuanya dalam satu malam.

Meskipun SKS kadang berhasil, tapi bikin badan dan pikiran cepat lelah karena bekerja di luar batas normal. Pasalnya, begadang dan memaksakan otak untuk bekerja terus menerus dalam waktu singkat bisa bikin tubuh lelah, konsentrasi menurun, dan tugas tidak maksimal. Inilah kenapa banyak yang mulai mencari cara agar tetap fokus dan bertenaga meski menggunakan sistem kebut semalam unutk mengerjakan tugas.

Nah, salah satu cara untuk menjaga fokus dan stamina saat SKS adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Makanan yang tepat bisa membantu otak bekerja lebih baik dan menjaga energi tetap stabil sepanjang malam. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, vitamin, serta lemak sehat bisa memberikan dorongan energi yang tahan lama dan membantu otak tetap tajam.

Selain itu, minuman seperti kopi juga sering diandalkan buat menjaga fokus, meski harus dikombinasikan dengan makanan bergizi agar nggak cuma bikin terjaga tapi juga produktif. Jadi, kalau kamu hobi ngerjain tugas pakai SKS, penting banget untuk memperhatikan apa yang kamu makan sebelum dan selama begadang.

Dengan asupan yang tepat, kamu bisa tetap fokus, tubuh nggak cepat lelah, dan hasil kerjaan lebih maksimal. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, berikut sembilan rekomendasi makanan yang bantu tingkatkan fokus pada Kamis (5/9).

1. Pisang.

9 Rekomendasi makanan bantu tingkatkan fokus, cocok buat yang hobi ngerjain tugas dengan cara SKS

foto: pexels.com

Pisang adalah buah yang kaya kalium, vitamin B6, dan serat. Nutrisi ini membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan menjaga stabilitas gula darah, sehingga bisa membuat pikiran lebih fokus. Karena kandungan seratnya, pisang juga memberikan energi bertahap, bukan lonjakan gula instan, sehingga kamu nggak gampang lemas saat begadang. Pisang juga praktis dan bisa dimakan kapan saja tanpa perlu persiapan khusus.

2. Kacang almond.

Almond mengandung vitamin E, lemak sehat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Makanan ini membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan memperbaiki kemampuan memori. Makan segenggam kacang almond saat SKS bisa menjaga energi tetap stabil karena kandungan lemak baik yang memperlambat pencernaan, memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu otak bekerja optimal.

3. Telur.

9 Rekomendasi makanan bantu tingkatkan fokus, cocok buat yang hobi ngerjain tugas dengan cara SKS

foto: pexels.com

Telur adalah sumber protein yang mengandung kolin, nutrisi penting yang membantu memperkuat fungsi otak dan meningkatkan kemampuan memori. Mengonsumsi telur, baik direbus atau diolah dalam bentuk lain, bisa membuat otak tetap fokus saat mengerjakan tugas. Protein dalam telur juga membantu menjaga energi agar nggak cepat menurun, apalagi kalau harus bekerja sepanjang malam.

4. Sayuran hijau seperti bayam.

Bayam dan sayuran hijau lainnya kaya akan zat besi dan folat yang keduanya penting untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Dengan pasokan oksigen yang cukup, otak bisa bekerja lebih baik dan fokus lebih lama. Sayuran hijau ini juga bisa diolah menjadi tumisan atau dijadikan campuran telur dadar untuk variasi yang praktis dan menyehatkan.

5. Ubi jalar.

Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahan lama tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Karbohidrat ini dibutuhkan otak untuk bekerja secara maksimal, terutama saat belajar atau mengerjakan tugas. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan beta-karoten yang bagus untuk kesehatan otak. Kamu bisa merebus atau memanggang ubi jalar sebagai camilan saat SKS.

6. Kacang merah.

9 Rekomendasi makanan bantu tingkatkan fokus, cocok buat yang hobi ngerjain tugas dengan cara SKS

foto: pexels.com

Kacang merah adalah sumber protein dan serat yang dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Protein dari kacang merah juga membantu regenerasi sel-sel otak yang sangat penting saat kamu memaksakan diri untuk fokus dalam waktu lama. Kacang merah bisa dimasak menjadi sup atau direbus dan dicampur dalam salad sederhana untuk camilan sehat.

7. Tempe.

Tempe kaya akan protein nabati dan zat besi, mudah ditemukan di pasar tradisional dan murah. Kandungan asam amino dalam tempe membantu meningkatkan produksi neurotransmitter yang penting untuk menjaga komunikasi antar sel otak. Selain itu, zat besi dalam tempe membantu menjaga aliran darah tetap lancar ke otak, membuatmu tetap fokus dan segar.

8. Ikan lele.

Lele adalah ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang dikenal baik untuk kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan konsentrasi. Omega-3 juga membantu menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan memori. Ikan lele bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, dibakar, atau dijadikan sup, yang semuanya cocok untuk makanan pengisi saat mengerjakan tugas secara SKS.

9. Jagung.

9 Rekomendasi makanan bantu tingkatkan fokus, cocok buat yang hobi ngerjain tugas dengan cara SKS

foto: pexels.com

Jagung kaya akan karbohidrat kompleks yang membantu menjaga energi stabil saat begadang. Selain itu, jagung mengandung vitamin B1 yang penting untuk fungsi kognitif otak, seperti konsentrasi dan daya ingat. Kamu bisa menikmati jagung dalam berbagai bentuk, seperti jagung rebus, bakwan jagung, atau jagung bakar, yang semuanya mudah disiapkan dan praktis.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya