9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur

9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur
foto: YouTube/Chef koplak Channel

Brilio.net - Gayung merupakan salah satu peralatan yang cukup penting di rumah. Pasalnya alat yang terbuat dari bahan plastik ini kerap dipakai saat mandi. Karena dipakai hampir setiap hari, gayung pun perlu dibersihkan secara rutin agar tampilannya tetap bersih dan nyaman digunakan. Namun meski sudah dicuci pakai air atau sabun, terkadang masih saja ada noda yang menempel pada permukaan gayung.

Noda tersebut bisa berasal sisa sabun yang menempel. Jika tidak segera dicuci, noda tersebut lama-kelamaan bisa mengerak. Selain timbul kerak, gayung dari bahan plastik juga rentan ditumbuhi lumut karena kondisinya yang lembap. Kalau sudah begini, gayung jadi licin dan kurang nyaman dipakai.

Sejumlah orang pun mencoba membersihkan gayung yang lumutan dan berkerak dengan bahan tambahan, seperti gula pasir, garam, cuka, hingga sabun cuci piring. Lantas seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, simak 9 cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (23/4).

1. Dicuci pakai gula pasir, garam, dan cuka.

9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur

foto: YouTube/Chef koplak Channel

Kamu bisa meniru cara membersihkan gayung yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube Chef koplak Channel. Ia mengganti baking soda dengan tiga bahan dapur lain.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Chef koplak Channel, tiga bahan dapur yang dipakai adalah gula pasir, garam, dan cuka makan. Pertama, masukkan 4 sdm cuka dan 1 sdm gula pasir ke dalam mangkuk kecil.

Sebelum diaduk, tambahkan 2 sdm garam sebagai campuran pembersihnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Kalau sudah, ambil sehelai tisu makan lalu celupkan ke dalam larutan pembersih.

Kalau sudah, baru oleskan tisu ke seluruh permukaan gayung. Tanpa perlu disikat kuat, seluruh kerak di gayung langsung rontok semua. Noda kerak pun langsung berpindah menempel di permukaan tisu.

Agar bersih maksimal, jangan lupa usap bagian samping gayung dengan tisu juga, ya. Tanpa keluarkan tenaga ekstra, seluruh noda kerak pun langsung terangkat sempurna.

Gayung tinggal dibilas pakai air bersih lalu siap untuk dipakai seperti biasa. Nggak perlu khawatir lagi, karena seluruh kerak sudah hilang tak tersisa. Air di dalam gayung pun tak akan terkontaminasi kotoran.

2. Dioles pakai cuka.

9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur

foto: YouTube/2021ide channel

Sebenarnya masih ada trik lain yang bisa dicoba untuk menghempas lumut yang membandel di gayung. Trik tersebut pernah dibagikan oleh pengguna YouTube 2021ide channel, lho. Usut punya usut, ia cuma mengandalkan 1 bahan dapur untuk membersihkannya. Bahan dapur yang dipakai adalah cuka.

Pertama-tama, siapkan gayung yang akan dicuci. Siapkan juga cuka dan sebuah kapas. Lalu, tuangkan beberapa tetes cuka ke kapas. Barulah kapas tersebut dioleskan ke gayung yang berlumut.

"Ini sudah mulai kelihatan ya, baru ditempelkan saja lumutnya sudah mulai luntur ya. Mudah sekali terangkat," ucapnya.

Pengguna YouTube tersebut terus mengolesi cuka ke bagian dalam gayung yang berlumut. Jika sudah bersih, bilas gayung dengan air sampai benar-benar bersih.

Tak hanya itu, pengguna YouTube tersebut juga mengelap bagian gayung yang sudah dibilas dengan menggunakan kapas yang kering. Setelah dilap bersih, gayung pun sudah bisa digunakan lagi. Tampilannya pun kembali cerah dan bersih.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya