15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana
YouTube/ResepMasakan13

Brilio.net - Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang cukup sering digunakan, terutama untuk memotong makanan. Terdapat dua jenis talenan yang umum digunakan, yaitu talenan kayu dan talenan plastik. Meski terbuat dari bahan yang berbeda, kedua jenis talenan tersebut harus tetap dirawat agar tetap bersih dan higienis saat dipakai.

Namun terkadang, usai dipakai untuk mengiris beberapa bumbu masak seperti cabai atau kunyit, talenan jadi bernoda. Jika tak segera dibersihkan, noda tersebut akan menempel dan sulit dihilangkan. Bahkan dengan sabun cuci piring sekalipun.

Sejumlah orang pun lantas memilih untuk menggunakan bahan tambahan untuk menghilangkan noda pada talenan. Bisa memakai garam, baking soda, jeruk nipis, hingga cuka.

Nah, lantas seperti apa sih langkah sekaligus bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan talenan? Berikut BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (29/3), 15 cara membersihkan talenan pakai bahan sederhana.

1. Digosok pakai baking soda dan lemon.

15 Cara membersihkan talenan, mudah pakai bahan sederhana

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @diidii_winfleur. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak mencuci talenan kayu dengan sabun. Namun ada dua bahan dapur lain yang lebih digunakan untuk membersihkan talenan bekas cabai agar aroma pedasnya bisa hilang.

Bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan lemon. Nah, caranya pun mudah. Kamu cukup menaburkan baking soda terlebih dahulu ke permukaan talenan kayu yang kotor.

Jika sudah ditaburkan secara merata, beri perasan air lemon. Lalu gunakan irisan lemon (yang sudah diperas) tersebut untuk menggosok permukaan talenan. Gosok secara merata sambil diperas lagi lemonnya.

Selanjutnya, bilas talenan sampai bersih di bawah air mengalir. Nah, kedua bahan dapur ini pada dasarnya sudah membuat talenan jadi bersih. Namun jika ingin lebih bersih maksimal, kamu dapat mencucinya kembali dengan sabun seperti biasa.

Nah, talenan yang sudah dicuci ini bisa dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Pasalnya menyimpan talenan yang masih basah bisa meningkatkan risiko tumbuhnya jamur dan noda hitam. Oleh sebab itu, pastikan talenan selalu bersih dan kering agar selalu higienis saat digunakan sewaktu-waktu.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya