Brilio.net - Oncom merupakan makanan khas Jawa Barat yang rasanya sedikit pedas. Hasil fermentasi bungkil kacang ini bisa diolah jadi berbagai hidangan, salah satunya sebagai topping serabi. Buat pecinta pedas, jajanan pasar satu ini pasti bikin nagih.

Meski ada tambahan oncom, tekstur serabi yang dihasilkan tetap lembut saat dimakan. Penasaran ingin coba membuatnya di rumah? Berikut resepnya sudah BrilioFood lansir dari Instagram @resepsedap_id.

foto: Instagram/@resepsedap_id

Bahan:
- 500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa, sisihkan sisa parutan kelapanya
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 1/2 sdt garam
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- 1 sdt baking powder

Bahan topping:
- 200 gr oncom, bakar, cincang kasar
- 1 batang serai, memarkan
- 2 buah cabai rawit merah, iris
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula merah
- 1/4 sdt merica bubuk
- 100 ml santan, dari 1/4 butir kelapa
- 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus:
- 2 butir bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 4 buah cabai merah keriting

Cara membuat:
1. Topping, tumis bumbu halus dan serai sampai harum. Tambahkan cabai rawit tumis sampai layu. Masukkan oncom, garam, gula, merica, dan santan sampai meresap dan kering. Aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan cetakan serabi. Beri parutan kelapa. Aduk-aduk parutan kelapa sampai berminyak. Angkat dan buang parutan kelapa. Sisihkan.
3. Serabi, rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Biarkan hangat.
4. Aduk rata tepung terigu, garam, dan telur. Tuang santan sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah selama 20 menit. Diamkan 30 menit. Tambahkan baking powder. Aduk rata.
5. Tuang satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan serabi yang sudah dipanaskan di atas api besar. Biarkan sampai berlubang-lubang. Kecilkan api. Taburi bahan topping. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang. Angkat dan sajikan hangat.