Brilio.net - Pastel goreng jadi salah satu kudapan sederhana yang bisa ditemui di pasar tradisional. Karena enak, pastel sering disajikan di berbagai momen, seperti arisan, acara tasyakuran, hingga nikahan.

Isian pastel juga bisa dikreasikan sesuai selera, salah satunya dengan bihun. Agar lebih komplet, kamu bisa menambahkan potongan sayuran ataupun telur rebus. Daripada beli, cobain resep pastel goreng isi bihun, dilansir BrilioFood dari akun Instagram @saveresep.id.

foto: Instagram/@saveresep.id

Bahan kulit:
- 500 gr terigu
- 2 sdm tapioka
- 2 sdm minyak goreng
- Garam
- Gula
- Air

Bahan isian:
- 4 keping bihun, potong kecil-kecil lalu seduh air panas
- 3 buah wortel, potong kotak kecil
- 2 batang daun bawang, rajang
- 3 sdm saus tiram
- 1 sdt kaldu bubuk
- 2 sdt lada bubuk
- Air
- Garam
- Gula

Bumbu halus:
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 5 buah cabai merah

Cara membuat:
1. Pertama, masak isian terlebih dahulu. Haluskan bumbu halus, lalu tumis sampai harum dan matang. Tambahkan saus tiram, lada bubuk, kaldu bubuk, garam, gula, dan segelas air. Aduk merata, masak sampai mendidih.
2. Masukkan wortel, masak sampai wortel setengah matang kemudian masukkan bihun. Aduk merata, taburkan daun bawang. Masak sekitar 2 menit lagi, jangan sampai kering. Biarkan bihunnya tetap agak basah.
3. Untuk kulit, campurkan semua bahan kecuali air dan minyak. Aduk merata, lalu tuang air sedikit demi sedikit sampai terbentuk adonan, lalu tambahkan minyak goreng. Uleni adonan sampai kalis, tutup adonan lalu diamkan atau istirahatkan sekitar 10 menit.
4. Setelah itu gilas adonan agak tebal. Lalu bentuk bulat menggunakan tutup toples. Untuk menggilasnya bisa pakai ampia.
5. Setelah dibentuk bulat, isikan dengan isian yang sudah dimasak tadi. Isi sekitar 1 sdm, tempelkan ujung atas dan bawahnya, tekan tekan sampai ujungnya saling menempel lalu pilin atau pelintir ke arah dalam.
6. Lakukan sampai adonan kulit habis, lalu goreng dalam minyak panas api sedang hingga kecokelatan.