Brilio.net - Kue ape atau serabi jadi salah satu jajanan pasar yang diincar banyak orang. Bukan tanpa alasan, kue satu ini memiliki rasa lezat. Apalagi bagian pinggirnya yang biasanya tipis dan renyah maksimal saat dimakan.

Kue ape adalah kudapan yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Kalau susah menemukan penjualnya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut telah BrilioFood lansir dari akun Instagram @aselihkitchen, resep kue ape ala rumahan.

foto: Instagram/@aselihkitchen

Bahan A:
- 100 gr tepung beras
- 50 gr tepung terigu
- 85 gr gula pasir
- 1 sdt garam

Bahan B:
- 50 ml santan instan
- 350 ml air
- 1 sdm endapan pandan suji
- 1 gr ragi instan
- 1 sdm minyak sayur

Cara Membuat:
1. Dalam mangkuk campur bahan B jadi satu dan aduk rata, kemudian sisihkan
2. Campur merata bahan A, kemudian sisihkan.
3. Dengan bantuan balon whisk campur secara bertahap bahan B ke dalam bahan A hingga merata. Tutup dengan kain lap bersih dan istirahatkan selama +/- 45 menit hingga ragi aktif dan adonan berbusa.
4. Panaskan cetakan serabi atau wajan kecil dengan api sedang.
5. Aduk-aduk rata adonan dengan sendok sayur sesaat hendak dituang ke dalam cetakan. Pastikan cetakan benar-benar panas pada saat adonan dituang kedalam cetakan.
6. Tuang adonan 1/2 ukuran cetakan lalu gerakkan sendok sayur memutar agar membentuk pinggiran tipis adonan. Biarkan beberapa saat sampai bagian tengah keluar gelembung dan berlubang-lubang. Lalu tutup cetakan. Tunggu hingga matang.
7. Lakukan sampai adonan habis. Jaga api agar tidak panas berlebihan. Bila api terlalu panas matikan dulu saja agar proses memasak sempurna.