Brilio.net - Saat masuk bioskop seperti XXI, satu hal yang selalu menarik perhatian adalah aroma popcornnya. Aroma popcorn yang manis ini bahkan sudah menjadi ciri khas makanan bioskop. Selain aromanya yang manis, tekstur popcorn tersebut pun renyah dan mekar, terasa begitu nikmat.

Pada dasarnya, aroma manis yang tercium berasal dari varian popcorn dengan cita rasa manis seperti caramel atau honey. Namun di bioskop XXI, ada banyak varian rasa lain yang nggak kalah lezat, seperti salt popcorn asin. Bahkan kini, terdapat varian popcorn yang berasal dari campuran rasa asin dan manis, yakni salted caramel.

Memang, menyantap popcorn bisa melengkapi momen saat nonton film. Namun sebenarnya, kamu nggak harus selalu ke bioskop dulu untuk bisa menikmati popcorn yang wangi dan renyah ini. Kamu bisa membuat popcorn sendiri di rumah dengan cita rasa khas seperti popcorn bioskop XXI.

Untuk cara membuatnya lebih jelas, yuk langsung simak kompilasi resep popcorn ala bioskop XXI yang telah BrilioFood himpun dari berbagai sumber pada Rabu (10/7).

1. Popcorn ala XXI.

foto: Instagram/@sabrina_sania

Bahan:
- 50 gr jagung popcorn
- 2 sdm margarin

Bahan saus:
- 150 gr gula pasir
- 75 ml air
- 50 gr butter
- 1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Siapkan wajan dengan tutupan, hidupkan dengan api kecil, masukkan margarin, biarkan meleleh.
2. Masukkan jagung popcorn, aduk hingga rata. Lalu tutup, hidupkan api sedang sebentar sekitar 10 detik lalu kecilkan lagi, tunggu hingga jagung meledak-ledak menjadi popcorn sambil digoyang-goyangkan wajannya.
3. Setelah menjadi popcorn semua, matikan api.
4. Siapkan wajan, hidupkan dengan api kecil. Masukkan gula, ratakan, lalu tuang air biarkan hingga meleleh, mendidih, berbuih, dan berubah warna menjadi keemasan cenderung agak kecokelatan. Jangan sekali-kali mengaduk, cukup goyang-goyangkan saja wajannya.
5. Setelah warnanya keemasan, aduk rata kemudian matikan api. Masukkan butter, aduk rata hingga butter meleleh.
7. Setelah itu tuang ke dalam popcorn, aduk dengan 2 spatula agar hasil caramel merata, setelah itu taburi dengan garam, aduk rata.
8. Siapkan loyang agak lebar, taburi popcorn tadi sambil dipisah-pisahkan yang merekat. Setelah itu simpan di kulkas agar hasilnya renyah.

2. Caramel popcorn ala XXI.

foto: Instagram/@OliviaAstri

Bahan:
- 2 genggam kecil jagung pipil kering
- 3 sdm salted butter
- 3 sdm gula aren, sisir
- 3 sdm gula halus
- 1 sdm susu kental manis
- 1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan 2 sdm butter di wajan yang besar Masukkan jagung lalu tutup. Sambil goyang-goyangkan popcornya sesekali supaya tidak gosong.
2. Ketika jagung sudah mulai berubah menjadi popcorn, goyangkan terus wajannya tapi tetap di atas api supaya matangnya merata dan tidak gosong. Pastikan semua jagung sudah matang (cirinya tidak ada suara ledakan lagi).
3. Buka tutup wajan. Matikan api.
4. Di wajan lain, panaskan 1 sdm butter lalu masukkan gula merah sisir, gula halus, susu kental manis, dan garam. Tunggu hingga semua larut dan mulai berkaramel. Tandanya sudah keluar buih-buih dan mengental. Goyang-goyangkan teflon sebentar saja supaya rata.
5. Matikan api, lalu tuang caramel ke atas popcorn tadi. Aduk rata dengan cepat, supaya tidak menggumpal di satu area. Terus aduk-aduk popcornnya.
6. Dinginkan popcorn di loyang lebar yang telah dialasi baking paper. Setelah dingin baru disalin ke wadah kedap udara.

3. Salted caramel popcorn ala XXI.

foto: Instagram/@sarahnurdwi

Bahan:
- 3-4 sdm jagung kering
- 1 sdm mentega

Bahan caramel:
- 6 sdm gula pasir
- 2 sdm mentega
- Sejumput garam
- 1/4 sdt baking powder

Cara membuat:
1. Masak 1 sdm mentega menggunakan api sedang, setelah cair masukkan jagung kering aduk sampai semua jagung terkena cairan mentega. Tutup dan tunggu sampai meletup letup. Jika sudah tidak terdengar letupan, maka matikan kompor dan pindahkan ke wadah lain.
2. Di wajan lain, masak gula pasir dengan api sedang sampai larut, jangan sampai kecokelatan nanti gosong dan rasanya pait.
3. Jika gula sudah larut semua, masukkan 2 sdm mentega tunggu hingga cair.
4. Tambahkan garam dan baking powder.
5. Aduk sampai merata, matikan kompor.
6. masukkan popcorn yang sudah dimasak, aduk sampai merata.
7. Dan salted caramel popcorn sudah bisa dinikmati.

4. Salted popcorn.

foto: Instagram/@rakenzyn

Bahan:
- 50 gr margarin atau butter
- 100 gr jagung kering pipil
- 1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan margarin hingga cair, lalu masukkan jagung kering pipil, aduk sebentar hingga semua tercampur margarin, lalu tutup.
2. Tunggu hingga jagung meletup-letup dan siap dinikmati.

5. Honey butter popcorn.

foto: Instagram/@ohheyserene

Bahan:
- 1/2 cangkir biji jagung
- 3 sdm minyak kelapa
- 1 sdm mentega asin leleh
- 1 sdm madu

Cara membuat:
1. Panaskan minyak kelapa dan tambahkan biji jagung
2. Aduk wajan agar jagungnya berlapis dengan minyak, lalu tutup.
3. Biarkan sampai jagung meletup-letup. Lalu matikan api.
4. Bumbui popcorn dengan mentega asin dan madu.
5. Aduk rata agar popcorn terlapisi merata.