Nyamuk jadi salah satu serangga yang sering datang ke rumah. Padahal, serangga satu ini dianggap berbahaya karena menyebabkan penyakit demam berdarah. Kalau didiamkan begitu saja, populasi nyamuk bisa semakin bertambah.

Untuk mengusir nyamuk, sejumlah orang langsung membakar obat nyamuk. Tapi terkadang, asap dari obat nyamuk membuat sebagian orang batuk. Dilansir dari koalisibebastar.com, obat nyamuk menghasilkan zat formaldehida yang jika dihirup terus-menerus membuat mual, batuk, hingga mata berair.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meracik obat nyamuk alami sendiri di rumah. Seperti yang dilakukan oleh pengguna Instagram @lie_denielcandra. Di unggahan videonya, warganet ini tampak mengandalkan satu jenis rempah. Penasaran apa bahannya?

 

 

foto: Instagram/@lie_denielcandra

Dilansir BrilioFood dari Instagram @lie_denielcandra pada Minggu (7/7), satu jenis rempah yang perlu disiapkan adalah serai. Selain itu, ia juga tampak menggunakan cairan pewangi pakaian.

Langkah pertama, tuang cairan pewangi pakaian ke dalam wadah. Nggak perlu kamu tambahkan air lagi, ya.

foto: Instagram/@lie_denielcandra

Kalau sudah, masukkan potongan serai ke dalam wadah tersebut. Tampak dalam unggahan videonya, warganet ini menggunakan sekitar 5 potong serai.

Obat nyamuk buatan sendiri ini bisa langsung ditaruh di sudut ruangan atau yang biasanya didatangi nyamuk. Alih-alih bikin batuk, obat nyamuk ini justru mengeluarkan wangi yang semerbak.

Nggak cuma itu, nyamuk juga tidak akan berani mendekat dan akhirnya pergi begitu saja. Karena, seperti dilansir dari rentokil.com, serai mengandung geraniol dan sitronelal yang tidak disukai nyamuk.

Saat aroma wanginya sudah hilang, kamu tinggal menggantinya dengan cairan pengharum pakaian yang baru. Jangan lupa, serainya juga diganti ya biar bisa mengusir nyamuk secara maksimal.