Popcorn adalah salah satu camilan populer karena dikenal dengan tekstur renyahnya dan rasanya yang gurih. Biasanya, popcorn dijadikan pilihan camilan saat menonton film, nonton TV, atau sekadar bersantai di rumah. Sekalipun hanya dibuat dari bahan dasar jagung pipil saja, namun popcorn bisa disantap dengan aneka rasa gurih dan manis.

Namun, membuat popcorn yang sempurna bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu masalah umum adalah popcorn yang tidak mengembang sempurna. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelembapan dalam biji jagung atau suhu panas yang tidak merata saat pembuatan popcorn. Sementara itu, popcorn yang terlalu lama dimasak bisa menjadi keras dan gosong.

Menggunakan panci dengan penutup yang transparan bisa membantu memantau proses pengembangan biji jagung agar tidak terlalu matang atau tidak matang sama sekali. Selain itu, pengaturan suhu kompor juga bisa memengaruhi hasil akhir popcorn. Tapi nggak cuma itu, panci yang digunakan perlu digoyang-goyang agar popcorn mengembang sempurna dan nggak gosong.

Nah, alih-alih menggunakan metode yang rumit, kamu dapat menerapkan trik lain saat membuat popcorn. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @melizah615. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa menghasilkan popcorn yang mengembang sempurna dan tak gosong. Namun bukan dengan panci atau wajan, dia memilih menggunakan alat elektronik, lho.

 

© Instagram/@melizah615

Dilansir BrilioFood dar Instagram @melizah615 pada Jumat (25/10), alat yang digunakan untuk membuat popcorn adalah rice cooker. Nah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan rice cooker terlebih dahulu. Lalu olesi bagian panci rice cookernya dengan margarin. Biarkan meleleh dan melapisi seluruh bagian dalam panci rice cooker.

© Instagram/@melizah615

Selanjutnya, masukkan jagung pipil kering dan aduk-aduk agar seluruh bagiannya merata terkena margarin. Pastikan panci dalam kondisi panas, ya. Lalu tutup rice cooker dan tekan tombol 'cook' (memasak). Jika tombolnya beralih ke 'warm' (menghangatkan), kamu bisa tekan lagi agar modenya beralih ke memasak.

Di tahap ini, proses pembuatan popcorn akan menimbulkan suara jagung yang saling berbenturan karena meletup-letup. Diamkan sampai suaranya reda. Jika sudah tidak ada suara yang ditimbulkan, berarti popcorn telah matang sempurna.

© Instagram/@melizah615

Langsung buka rice cooker, lalu keluarkan popcorn. Hasilnya popcorn ini benar-benar mengembang sempurna dan nggak ada yang gosong, lho. Nah, popcorn yang sudah jadi bisa langsung disantap. Namun kamu juga bisa menambahkan garam atau gula cair supaya popcorn lebih kaya rasa.

Unggahan tentang trik praktis bikin popcorn ini telah ditonton lebih dari 384 ribu kali. Banyak pengguna Instagram lain yang mengaku trik tersebut sangat bermanfaat untuk ditiru. Hal ini diungkapkan langsung melalui kolom komentar video tersebut.

"Ini yg dicari, ternyta bisa yaa kak mel anak2 ku suka minta bikin popcorn dirumah," papar Instagram @emiraashraf_.

"Lebih praktis masaknya ya mak, jd pingin coba," kata Instagram @novaharahap.

"Lebih enak lagi pake butter + gula merah/ caramel aduk rata trs cetrekin deh. Tau" jd aj. Rasanya pas. Manis gurih.wangi," komentar akun Instagram @michellelovely86.