Koro adalah jenis sayuran yang berasal dari tanaman koro atau kacang koro, termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Sayur koro, dengan tekstur renyah dan bentuk uniknya, sering menjadi pilihan orang saat masak. Koro memang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat, mulai dari tumisan hingga sup. Kandungan seratnya yang tinggi dan kaya protein menjadikannya alternatif sehat untuk menu sehari-hari.

Namun, salah satu tantangan yang sering dihadapi saat memasak koro adalah rasa pahitnya. Rasa pahit ini bisa cukup dominan, terutama jika koro yang digunakan sudah tua atau tidak diolah dengan benar. Pahitnya koro dapat mengurangi kenikmatan masakan dan membuatnya kurang disukai, terutama oleh anak-anak atau orang yang sensitif terhadap rasa pahit.

Meski demikian, rasa pahit pada sayur koro sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa teknik memasak yang tepat. Seorang pengguna YouTube NOVIA HAP HAP pernah membagikan teknik saat mengolah sayur koro jadi masakan lodeh. Metode yang dibagikan saat mengolah sayur koro ini tidak hanya membuat rasa pahitnya berkurang, namun juga warna sayurnya tetap hijau cerah dan empuk.

 

 

YouTube/NOVIA HAP HAP

Dilansir BrilioFood dari YouTube NOVIA HAP HAP pada Senin (19/8), hal pertama yang harus dilakukan adalah merebus sayur koro. Kamu bisa langsung merebus sayur koro dalam air mendidih. Aduk-aduk sampai merata dan tutup panci. Hal ini akan membuatnya cepat empuk. Jika sudah, barulah kemudian angkat dan tiriskan.

Merebus sayur koro bisa membantu menghilangkan rasa pahitnya karena proses perebusan dapat melarutkan dan mengurangi senyawa-senyawa yang menyebabkan rasa pahit. Ketika koro direbus, zat-zat pahit yang terdapat di dalam biji dan kulit koro akan larut ke dalam air rebusan. Hal ini menyebabkan rasa pahit pada koro berkurang drastis.

YouTube/NOVIA HAP HAP

Jika sudah ditiriskan, sisihkan terlebih dahulu. Lalu siapkan bumbu berupa 9 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, cabai, 4 butir kemiri, jahe, lengkuas, dan kunyit. Goreng dulu semua bumbu ini agar semakin sedap, lalu haluskan menggunakan ulekan atau blender.

YouTube/NOVIA HAP HAP

Selanjutnya, masukkan bumbu halus dan sayur koro ke panci. Masukkan juga garam, kaldu jamur, dan gula sesuai selera. Aduk-aduk dan ungkep sayur koro selama 10 menit agar bumbunya bisa meresap sempurna.

YouTube/NOVIA HAP HAP

Jika sudah, tambahkan air dan tuang santan segar. Aduk-aduk lalu masak sebentar sampai benar-benar matang. Langkah terakhir, tambahkan lagi cabai rawit utuh jika ingin rasa kuahnya semakin pedas. Dengan begitu, lodeh sayur koro siap dikonsumsi.