Saat ingin masak menu simpel di rumah, sayur bening pasti sering jadi pilihan. Sayur bening umumnya menggunakan bahan-bahan seperti sayur bayam, jagung, labu, dan lain sebagainya sebagai isiannya. Seperti namanya, kuah sayur satu ini biasanya sengaja dibuat bening, sehingga menyegarkan saat disantap.

Namun, masih banyak orang yang masih belum tahu trik membuatnya, sehingga kuahnya jadi cenderung keruh karena bumbu tertentu. Di sisi lain, ada pula yang kuahnya jadi hijau karena klorofil dari daun bayam luntur. Nah, biar bisa bikin sayur bening yang kuahnya jernih, ada trik sendiri yang bisa diterapkan.

Salah satu pengguna akun TikTok @peachpatra membagikan trik memasak sayur bening ini. Lewat unggahannya, warganet yang akrab disapa Syafira ini menjelaskan, trik masak sayur bening ini bukan hanya ampuh bikin kuahnya jernih, tapi aromanya jadi lebih wangi meskipun hanya mengandalkan sedikit bumbu.

 

© TikTok/@peachpatra

Sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu panci berisi air untuk merebus sayur bening. Panaskan air di atas kompor dengan api sedang. Lalu, sebelum airnya mendidih, langsung masukkan rempah-rempah seperti bawang merah dan temu kunci yang sudah diiris. Penggunaan dua jenis rempah inilah yang jadi trik bikin kuah sayur bening tetap jernih.

"Dibilang bening karena memang rerempahannya cuman 2 macam," tegas pemilik akun TikTok @peachpatra, dikutip BrilioFood pada Selasa (20/8).

Setelah itu, masukkan juga isian sayur bening yang bertekstur keras seperti jagung. Pasalnya, jagung punya waktu lebih lama untuk dimasak dibanding bayam ataupun sayur lainnya.

© TikTok/@peachpatra

Saat airnya sudah mendidih, baru masukkan bumbu tambahan. Pemilik akun TikTok @peachpatra hanya mengandalkan gula dan garam agar tidak memengaruhi warna kuah sayur beningnya. Kemudian, aduk sebentar sampai semua bumbu larut dengan kuahnya.

Usai bumbu tercampur rata, baru masukkan bayam, oyong, maupun sayur pelengkap lainnya. Yup, bayam harus dimasukkan saat sayur bening hampir matang, sehingga warna hijau dari klorofil tidak luntur ke kuah.

© TikTok/@peachpatra

Pengguna akun TikTok @peachpatra juga menambahkan sedikit daun kemangi. Nah, daun kemangi inilah bahan utama untuk bikin sayur bening jadi lebih wangi dan sedap. Kemudian, aduk rata.

© TikTok/@peachpatra

Tanpa menunggu lama, langsung sajikan sayur bening saat semua sayuran hijau sudah menyusut. Gimana, hasil sayur bening buatan Syafira ini kuahnya super jernih, kan?