Tempe mendoan khas Banyumas umumnya digoreng setengah matang saja, sehingga tekstur adonannya masih cenderung lembek usai dimasak. Namun, banyak orang yang memilih pakai kreasi sendiri saat memasaknya, sehingga tekstur tempe mendoan sengaja dibuat renyah.

Salah satu triknya supaya tempe mendoan bisa renyah yaitu menggorengnya lebih lama. Tetapi, kadang-kadang olahan tempe mendoan ini hanya bisa renyah sebentar saja, nantinya setelah tempe dingin, teksturnya tak renyah lagi. Belum lagi kalau teknik menggorengnya kurang tepat, tempe mendoan bisa menyerap terlalu banyak minyak, lho.

Nah, biar nggak gagal, kamu bisa meniru trik menggoreng tempe mendoan ala pengguna akun TikTok @ayurizkyananda291, nih. Wanita ini mengaku memang lebih suka tempe mendoan yang renyah, sehingga sudah familiar soal trik supaya hasilnya renyah dan tak menyerap banyak minyak.

"Tempe mendoan versi goreng kering karna aku kurng suka kalo msh yg basah gitu guys sesuai selera yaa jadi jgn judge hehe disajikan sama sambel kecap andalan ," tulisnya di keterangan video TikTok @ayurizkyananda291, dikutip BrilioFood pada Senin (15/7).

 

TikTok/@ayurizkyananda291

Sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu bumbu halus dari bawang putih secukupnya. Kemudian, masukkan bumbu halus ke mangkuk. Tambahkan tepung terigu, ketumbar bubuk, kunyit bubuk, garam, dan air secukupnya.

Di sisi lain, tambahkan pula tepung beras dan sedikit baking soda. Nah, itulah dua bahan dapur inti untuk mempraktikkan trik goreng tempe mendoan agar renyah dan tak menyerap banyak minyak. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tak ada yang menggumpal.

TikTok/@ayurizkyananda291

Setelah itu, masukkan pula potongan daun bawang. Aduk kembali hingga adonan rata. Jika sudah, sisihkan dulu adonan tersebut untuk menyiapkan penggorengan. Tuang minyak agak banyak ke wajan lalu panaskan di atas api kompor sedang.

Yup, wajan dan minyak ini harus disiapkan segera supaya saat tempe siap digoreng, kondisinya sudah benar-benar panas. Pasalnya, jika tempe digoreng saat minyak belum benar-benar panas, hasil gorengan tempe bisa menyerap terlalu banyak minyak, lho.

TikTok/@ayurizkyananda291

Lalu, selagi menunggu minyak panas, potong-potong tempe dan celupkan ke dalam adonan. Pastikan semua permukaan tempe terselimuti adonan.

TikTok/@ayurizkyananda291

Selanjutnya, goreng tempe di dalam minyak yang sudah panas. Tunggu sampai warnanya kecokelatan dan teksturnya renyah. Sesekali, bolak-balik tempe agar matangnya bisa merata.

TikTok/@ayurizkyananda291

Usai tempe mendoan matang, kecokelatan, dan renyah, langsung angkat dan tiriskan. Pemilik akun TikTok @ayurizkyananda291 mengatakan, ia biasanya menyajikan tempe mendoan ini dengan kecap yang sudah dicampur dengan potongan cabai rawit.