Tempe mendoan jadi salah satu gorengan yang disukai banyak orang. Saking enaknya, sebagian orang bahkan menjadikan tempe mendoan sebagai lauk pendamping nasi.

Tempe mendoan terasa semakin enak saat teksturnya garing dan renyah maksimal. Sayangnya, nggak sedikit orang yang mendapatkan hasil tempe mendoannya justru lembek dan berminyak.

Sebagai solusinya, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh seorang pengguna YouTube DAPUR RAYYANKA. Selain resep, warganet ini juga menunjukkan tutorial membuat tempe mendoan yang garing dan tidak menyerap banyak minyak. Penasaran bagaimana caranya?

Berikut ulasan lengkapnya, trik bikin tempe mendoan lebih garing dan tidak menyerap banyak minyak, seperti dihimpun BrilioFood dari YouTube DAPUR RAYYANKA pada Jumat (12/7).

 

 

 

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Pertama, potong-potong tempe dengan ukuran sesuai keinginan. Agar teksturnya garing, pastikan kamu memotong tempe dengan bentuk yang tipis, ya.

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Kalau sudah, sisihkan tempe terlebih dahulu. Kemudian masukkan 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 2 cm kunyit, 1 lembar daun jeruk, dan 1 sdt ketumbar ke dalam blender. Setelah halus, matikan blender.

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Tuang 300 ml air lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Agar hasil tempe mendoannya garing sempurna, warganet ini sengaja menambahkan 2 sdm minyak goreng ke dalam adonan. Yap, bahan tambahan yang dipakai adalah minyak goreng.

"Biar tidak menyerap banyak minyak dan hasilnya juga jadi lebih kriuk," ujar pemilik video.

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Di sisi lain, pemilik akun tersebut tampak meracik adonan tepungnya. Dia mencampurkan 5 sdm tepung beras, 1/2 sdt baking powder, 1/2 sdt garam, dan 1/2 sdt penyedap ke dalam mangkuk. Setelah itu, masukkan bumbu halus yang sudah dibuat tadi.

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Setelah itu, tuang adonan tepung yang sudah dibuat ke dalam minyak goreng panas. Jangan lupa pegang saringan terlebih dahulu di bagian atasnya.

"Kamu putar-putar begini biar keriting," ucapnya.

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Kalau sudah, celupkan potongan tempe ke dalam adonan. Bolak-balik lalu masukkan tempe ke dalam minyak goreng panas. Karena permukaan tempe masih basah, kremesan pun jadi menempel dengan sendirinya.

YouTube/DAPUR RAYYANKA

Bolak-balik tempe mendoan agar matang secara merata. Kalau kedua sisinya sudah kering dan matang, angkat lalu tiriskan. Tampilannya tampak garing, renyah, dan tidak berminyak, kan?