Kaya akan protein dan serat, tempe tidak hanya menyehatkan tetapi juga lezat. Selain itu, teksturnya yang lembut juga membuat bahan makanan satu ini mudah menyerap berbagai bumbu dan rempah. Karena sifatnya yang fleksibel, tempe bisa diolah menjadi berbagai menu, mulai dari makanan sehari-hari hingga camilan lezat.

Salah satu olahan tempe yang populer adalah dibikin kerupuk tempe. kerupuk tempe yang renyah dan gurih adalah camilan favorit banyak orang. Biasaya kerupuk tempe juga disantap sebagai pelengkap saat makan berat.

Pada dasarnya, kerupuk tempe ini bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah. Jika hendak membuatnya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Bagja Vlog. Melalui salah satu video yang diunggah, dia tak hanya membagikan resep kerupuk tempe, namun juga bahan rahasia yang bisa membuat kerupuk jadi lebih renyah dan mengembang sempurna.

Dilansir BriioFood dari YouTube Bagja Vlog pada Kamis (1/8), dia menggunakan tepung tapioka sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan kerenyahan kerupuk. Selain tepung tapioka, bumbu lain yang digunakan adalah ketumbar, bawang putih, kaldu jamur, dan garam.

 

 

YouTube/Bagja Vlog

Cara membuat kerupuk tempe, potong dadu 1 papan (220 gr) tempe. Lalu haluskan bersama 100 ml air dalam chopper atau blender. Jika sudah, tambahkan 4 siung bawang putih, 1/2 sdt ketumbar, 1 sdt bumbu kaldu, dan 1/4 sdt garam. Masukkan juga 50 ml air dan chopper lagi sampai halus.

YouTube/Bagja Vlog

Jika sudah diblender, masukkan 350 gram tepung tapioka. Lalu giling lagi sebentar sampai tepungnya tercampur merata dengan adonan tempe. Selanjutnya, pindahkan adonan kerupuk ini ke mangkuk dan aduk sebentar agar lebih kalis.

Setelah itu, siapkan loyang dan olesi dengan minyak. Lalu tuang adonan kerupuk tempe ke loyang. Atau kamu bisa memasukkannya ke wadah lain untuk mencetak adonan.

© YouTubeYouTube/Bagja Vlog

Jika sudah dicetak, kukus adonan kerupuk tempe ini selama 50 menit sampai matang. Setelah itu, angkat dan dinginkan terlebih dahulu selama minimal 6 jam agar benar-benar dingin dan bisa dipotong. Kamu bisa meletakkannya dalam kulkas bagian bawah selama semalaman agar lebih keras.

YouTube/Bagja Vlog

Selanjutnya, keluarkan adonan dari cetakan. Kemudian potong tipis-tipis. Barulah kemudian, tata kerupuk tempe di atas nampan bambu, lalu jemur seharian di bawah sinar matahari langsung.

YouTube/Bagja Vlog

Setelah dijemur, kamu bisa langsung menggoreng sebagian kerupuk tempe ini. Jangan lupa gunakan minyak panas dan banyak agar kerupuk bisa mengembang sempurna. Dengan begitu, hasilnya juga akan lebih renyah