Minyak goreng bahan penting yang selalu ada di dapur. Minyak ini digunakan untuk berbagai metode memasak seperti menumis, memanggang, dan menggoreng. Ketika menggoreng, biasanya jumlah minyak yang digunakan jauh lebih banyak dibandingkan metode memasak lainnya. Bahkan, untuk satu kali memasak, bisa memerlukan lebih dari satu liter minyak, tergantung jenis dan jumlah masakan yang dibuat.

Banyak orang memilih menggunakan minyak yang sama beberapa kali demi menghemat biaya belanja bulanan. Namun, minyak yang digunakan berulang kali sering kali menjadi kotor dan berwarna hitam, terutama setelah memasak makanan seperti ayam goreng lengkuas, baceman, atau ikan asin. Selain kotor, minyak tersebut juga bisa meninggalkan bau tak sedap.

Daripada membuang minyak yang kotor, kamu bisa menjernihkannya kembali. Kali ini bukan dengan tepung. Ada trik lain yang juga efektif untuk membersihkan minyak. Trik ini dibagikan oleh pengguna YouTube di akun CREATIF COMBO.

"Minyak tadinya warna hitam menjadi kuning seperti baru kembali," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube CREATIF COMBO pada Selasa (17/9).

 

© YouTube/CREATIF COMBO

Pertama-tama, panaskan dulu minyaknya. Tetapi, pastikan api yang digunakan untuk memanaskan minyak ini sangat kecil. Setelah itu, masukkan 1 sdm margarin ke dalam minyak. Margarin ini disebut-sebut bisa mengubah warna minyak yang semula keruh jadi lebih cerah, lho.

© YouTube/CREATIF COMBO

Selanjutnya, langsung masukkan serai geprek, potongan daun pandan, serta daun salam secukupnya. Nah, ketiga rempah ini memang terkenal memiliki aroma wangi, sehingga bisa bantu pudarkan bau tengik di minyak bekas. Masak minyak sambil diaduk sebentar hingga warnanya jadi lebih cerah.

© YouTube/CREATIF COMBO

Setelah itu, matikan api kompor dan saring minyaknya. Sebaiknya, gunakan saringan dengan rongga yang sangat kecil, sehingga semua kotoran di dalam minyak bisa tersaring sempurna. Kemudian, minyak pun siap digunakan lagi untuk masak atau disimpan di dalam piring, mangkuk ataupun wadah penyimpanan lainnya.

Gimana, usai pakai trik ini, minyaknya jadi tampak seperti baru lagi, kan? Menilik unggahan milik YouTube CREATIF COMBO, memang belum banyak warganet yang meninggalkan komentar. Tetapi, video ini sudah ditonton lebih dari 227 ribu kali, lho.