Martabak manis atau terang bulan adalah salah satu camilan favorit yang tak pernah kehilangan penggemarnya. Dengan tekstur yang lembut, rasa manis yang memanjakan lidah, serta aneka topping seperti cokelat, keju, kacang, dan susu kental manis, martabak manis selalu berhasil menarik perhatian siapa saja. Biasanya martabak ini kerap dipilih sebagai camilan saat berkumpul dengan kerabat.

Namun, di balik kelezatannya, martabak manis dikenal sebagai camilan yang tinggi kalori. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula, dan margarin, camilan ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Setiap potongan martabak manis bisa menyumbang ratusan kalori ke dalam tubuh, yang sebagian besar berasal dari karbohidrat dan lemak. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi orang yang sedang menjaga berat badan atau berusaha mengontrol konsumsi gula dan tepung.

Mengonsumsi martabak manis secara berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan, terutama jika dilakukan secara rutin. Kalori yang tinggi dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan, serta risiko penyakit seperti diabetes dan masalah kardiovaskular. Untuk itu, membatasi konsumsi martabak manis dengan bijak adalah kunci.

Namun jika masih ingin menyantap martabak manis, kamu bisa membuatnya sendiri dengan versi lebih sehat, lho. Seorang pengguna Instagram @rumah_keizya pernah membagikan trik membuat martabak manis tanpa tepung dan gula. Walaupun begitu, hasil martabak tetap manis dan lembut, lho.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rumah_keizya pada Jumat (18/10), bahan yang perlu disiapkan untuk mengganti tepung adalah rolled oat yang dihaluskan. Jika tidak ada, kamu dapat menggunakan tepung mocaf yang sama sehatnya dengan rolled oat.

 

© Instagram/@rumah_keizya

Lebih jelasnya, siapkan 3 sdm rolled oat yang sudah dihaluskan. Campurkan dengan 1 sdm baking powder, 1 sdt bubuk cokelat, 1 butir telur dan 100 ml air. Kocok menggunakan whisk sampai semua bahan tercampur rata. Jika sudah, panaskan pan atau teflon antilengket.

© Instagram/@rumah_keizya

Selanjutnya, tuang adonan lalu putar pan agar adonan memenuhi seluruh bagian pan. Jika sudah, masak hingga adonan mengeluarkan gelembung atau jadi bersarang. Diamkan sebentar sampai permukaannya kering, lalu olesin dengan madu (sebagai topping dan pemanis). Tambahkan juga kacang sangrai kupas yang sudah dicacah.

© Instagram/@rumah_keizya

Nah, jika toppingnya sudah dimasukkan, lipat martabak dan pindahkan ke atas piring. Kemudian potong-potong jadi beberapa bagian agar lebih mudah disantap. Dengan begitu, kamu bisa menyantap martabak manis yang sehat dan rendah kalori.

Telah ditonton lebih dari 16 ribu kali, video tentang trik bikin martabak manis ini sontak menuai atensi warganet. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang kemudian turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian warganet bahkan hendak mencoba resep tersebut.

"Yg lg diet ayo merapat," kata Instagram @rumahbajasatsha.

"Enaak ini dulu aku pernah bikin martabak oat," tulis akun Instagram @bunbunkuningan.

"Buat bocil juga aman nih," komentar akun Instagram @herarahayu.