Banyak orang yang mengenakan baju berkerah di kesehariannya untuk sekolah maupun bekerja. Pasalnya, baju berkerah bisa membuat tampilan tampak lebih rapi dan formal. Meski tertutup, namun bagian kerah baju juga bisa kotor.

Biasanya, bagian kerah baju kotor karena terkena keringat. Kalau tidak dibersihkan langsung, noda lama-kelamaan akan menumpuk sehingga warnanya jadi kekuningan. Hal tersebut membuat tampilan baju jadi tampak kotor.

Apalagi kalau warna bajunya putih, noda di kerah baju semakin terlihat jelas. Untuk membersihkannya, sejumlah orang sengaja menggosok bagian kerah baju pakai larutan sitrun. Setelah digosok beberapa saat, noda kekuningan di kerah baju hilang seketika.

foto: Instagram/@cle0.204

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok sitrun sedang habis di rumah, kamu bisa memakai bahan pembersih lainnya. Seperti yang dilakukan oleh pengguna Instagram @cle0.204. Di unggahan videonya, ia menunjukkan penampakan kerah bajunya yang dipenuhi noda kekuningan.

 

© Instagram/@cle0.204

Mengetahui hal itu, ia langsung meracik larutan pembersih khusus. Dilansir brilio.net dari Instagram @cle0.204 pada Rabu (10/7), bukan sitrun, bahan yang digunakan untuk membersihkan kerah baju tersebut adalah deterjen cair ke dalam wadah. Nggak cuma itu, ia juga menambahkan micin sebagai campuran pembersihnya.

©Instagram/@cle0.204

Nggak ketinggalan ia juga memasukkan sabun cuci piring sedikit saja, kemudian siram dengan air panas dan aduk sampai semua bahan tercampur sempurna.

© Instagram/@cle0.204

Kalau sudah, masukkan baju ke dalam larutan pembersih tersebut. Rendam dan diamkan baju di larutan pembersih selama 30 menit. Tujuannya agar larutan pembersih bisa bekerja maksimal.

© Instagram/@cle0.204

Tanpa perlu disikat, peras baju pakai tangan kalau sudah direndam selama 30 menit. Langsung bilas baju dengan air bersih beberapa kali. Hasilnya, baju kembali bersih maksimal dan nggak ada lagi noda kekuningan di bagian kerahnya.