Cicak sering muncul di rumah tanpa disadari. Hewan ini dibenci orang karena sering meninggalkan kotoran sembarangan, baik di area plafon ataupun lantai rumah. Belum lagi, hewan reptil satu ini juga sangat sulit diusir dari rumah, karena larinya cepat dan pintar bersembunyi.

Makanya banyak orang memilih meletakkan perangkap, supaya cicak tak bisa berkeliaran lagi di sekitar rumah. Namun, kalau kamu ogah menggunakan perangkap, jangan khawatir karena masih ada trik lain, lho. Salah satu triknya sempat dibagikan oleh pengguna akun YouTube tukang ngirit kreatif.

 

YouTube/tukang ngirit kreatif

Pria ini menjelaskan, ia cuma butuh ramuan dari dua bahan dapur untuk mengusir cicak dari rumah. Nah, buat kamu yang sering kesal dengan kedatangan cicak secara tiba-tiba, wajib coba trik ala akun YouTube tukang ngirit kreatif ini.

YouTube/tukang ngirit kreatif

Jadi, dua bahan dapur yang harus disiapkan adalah bawang putih dan daun sirih. Potong-potong dulu bawang putihnya, letakkan di wadah, baru campurkan dengan kapur barus yang sudah dihaluskan.

YouTube/tukang ngirit kreatif

Sementara daun sirihnya bisa kamu rebus di panci dengan air secukupnya. Proses merebus cukup dilakukan beberapa menit hingga airnya mendidih dan berubah warna. Setelah itu, masukkan air rebusan daun sirih ke plastik ziplock.

YouTube/tukang ngirit kreatif

Isi juga plastik ziplock tersebut dengan bawang putih dan kapur barus. Kemudian, masukkan sedikit kapas ke dalam plastik tersebut supaya air rebusan daun sirihnya meresap dan mudah menguap nantinya.

"Bisa menggunakan kapas atau tisu, ya," timpal pemilik akun YouTube tukang ngirit kreatif, dikutip BrilioFood pada Selasa (9/7).

Tutup plastik ziplock hingga rapat, lalu lubangi sedikit plastiknya dengan bantuan paku atau jarum supaya air di dalamnya mudah keluar saat menguap. Langsung gantung plastik berisi ramuan tersebut di area yang sering dilalui cicak.

YouTube/tukang ngirit kreatif

Nah, selain pakai plastik, kamu juga bisa menaruh ramuan tersebut di dalam botol spray. Jadi, saat cicak muncul, kamu bisa menyemprotnya dengan ramuan ini agar hewan tersebut auto kabur.