Selang pompa galon yang sering terpapar air, membuat alat satu ini mudah dipenuhi noda lumut. Apalagi di bagian dalam selang, nodanya pasti jadi sulit dibersihkan. Makanya banyak orang mengandalkan sitrun untuk membersihkan selang pompa galon.

Sitrun atau citric acid dikenal mengandung kadar asam cukup tinggi untuk membantu melunturkan noda. Tetapi, bahan satu ini terkadang sulit ditemui di pasaran, sehingga nggak semua orang bisa menyimpan stoknya di rumah. Nah, buat kamu yang nggak punya sitrun, jangan khawatir dulu karena masih ada satu trik lagi.

Trik bersihkan selang pompa galon sempat dibagikan oleh pengguna akun TikTok @deni_rosita. Ia menjelaskan, trik ini bisa dilakukan dengan satu bahan sederhana dan tetap sukses bikin selang pompa galon bersih meski tanpa sitrun.

 

© TikTok/@deni_rosita

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mempraktikkan trik ini yakni merebus air bersih secukupnya sampai mendidih. Yup, air panas nantinya akan jadi bahan utama untuk membersihkan selang pompa galon.

© TikTok/@deni_rosita

Setelah mendidih, pindahkan air rebusan ke dalam baskom. Lalu, rendam selang pompa galon yang kotor ke dalam air panas tersebut. Biarkan selang terendam selama kurang lebih 10 menit.

© TikTok/@deni_rosita

Jika sudah direndam, angkat selang dan tekan-tekan untuk membersihkan bagian dalamnya. Lantaran sebelumnya sudah direndam di air panas, noda di bagian dalam selang pastinya sudah lebih lentur dan tak membandel lagi. Terakhir, bilas kembali selang pompa galon dengan air mengalir.

"Untuk bagian dalam selang, bersihkan dengan cara dipijat-pijat, kemudian bersihkan dengan air lagi," tegas pemilik akun TikTok @deni_rosita, dikutip BrilioFood pada Senin (19/8).

Kalau dirasa selang pompa galon sudah benar-benar bersih, baru pasang lagi selang tersebut ke alat pompanya. Pompa lantas siap digunakan untuk mengambil air di dalam galon.