Sepeda motor yang jarang dibersihkan bisa tertumpuk oleh debu ataupun kotoran lain, penampilannya pun jadi dekil. Namun, kadang-kadang meski sudah dicuci, masih terdapat noda membandel di bagian tertentu pada motor, seperti karet stangnya.

Banyak orang menggunakan trik khusus untuk membersihkan stang motor tersebut. Contohnya, menyikatnya dengan sabun cuci piring, mengoleskan bahan perontok noda, dan lain sebagainya. Tetapi, warganet di akun TikTok @syafriadi_bj punya trik berbeda untuk mengusir kerak di stang motor, nih.

Warganet akrab disapa Syafriadi mengaku tak pakai sabun sama sekali untuk membersihkan stang motor. Menurutnya, stang motor bisa disulap jadi bersih lagi cukup pakai racikan pembersih buatan sendiri, yang salah satunya merupakan bumbu dapur.

"Perpaduan bahan ini akan merontokkan kotoran-kotoran yang menempel," tegasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @syafriadi_bj pada Kamis (25/7).

 

 

TikTok/@syafriadi_bj

Semula, siapkan sebuah wadah untuk meracik bahan pembersihnya. Masukkan sedikit pasta gigi ke wadah tersebut. Lalu tambahkan micin secukupnya. Yup, micin inilah bumbu dapur utama untuk mempraktikkan trik mengusir kerak di stang motor ini.

Selanjutnya, larutkan kedua bahan tersebut dengan air panas. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

TikTok/@syafriadi_bj

Setelah racikan pembersih rata, langsung gosokkan pada stang motor yang ingin dibersihkan. Pemilik akun TikTok @syafriadi_bj pakai bantuan sikat gigi bekas untuk menggosok racikan pasta gigi dan micin tersebut.

TikTok/@syafriadi_bj

Sikat selama beberapa saat hingga semua nodanya luntur, baru bilas karet stang motor tersebut dengan air panas. Kalau stang motor sudah benar-benar bersih, tinggal tunggu sampai kering.

TikTok/@syafriadi_bj

Pengguna akun TikTok @syafriadi_bj menjelaskan, trik ini juga bisa dipraktikkan pada behel atau rear grip motor yang terletak di bagian belakang jok. Langkahnya juga sama, tinggal gosok bagian tersebut dengan racikan bahan pembersih, kemudian bilas dengan air panas.