Ceker ayam dapat dimakan sebagai camilan ataupun lauk pendamping nasi. Ada banyak kreasi hidangan dari kaki ayam satu ini, sebut saja ceker mercon, ceker bumbu kecap, sate ceker, sop ceker, dan masih banyak lagi. Tekstur lembut dan rasa gurih ceker bikin banyak orang doyan mengonsumsinya.

Selain enak, ceker juga kerap dikonsumsi lantaran mengandung sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, ceker mengandung kolagen cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tulang, otot, sampai kulit, lho.

Namun, banyak orang ogah memasak ceker sendiri di rumah. Pasalnya, proses mengolahnya harus sampai benar-benar bersih, sehingga ceker tak mudah lengket ataupun berlendir saat disajikan nantinya. Salah satu triknya, ceker bisa direbus bareng cuka, supaya hasilnya kesat dan tak mudah lengket.

Di samping itu, pemilik akun TikTok @tetymughni punya trik berbeda lho untuk mengolah ceker agar tak lengket dan berlendir. Ia menjelaskan, trik yang biasa ia praktikkan cuma butuh satu jenis daun, sehingga hasil ceker bukan hanya bersih kesat, tapi juga wangi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

foto: TikTok/@tetymughni

Pertama, siapkan dulu ceker yang sudah disiangi di dalam wadah. Kemudian, cuci ceker dengan air mengalir sampai semua kotorannya benar-benar hilang.

foto: TikTok/@tetymughni

Usai dicuci, masukkan ceker ke dalam panci, isi dengan air sampai semua ceker terendam, lalu rebus di atas api kompor sedang. Proses merebus ceker dilakukan selama beberapa menit sampai mendidih.

Pemilik akun TikTok @tetymughni mengatakan, ceker juga akan mengeluarkan sisa kotoran yang akan naik ke permukaan air rebusan saat mendidih nantinya.

foto: TikTok/@tetymughni

Setelah direbus sampai mendidih, lanjut bilas kembali cekernya sampai benar-benar bersih.

"Kita bilas airnya sampai 5 kali," tegas pemilik akun TikTok @tetymughni, dikutip BrilioFood pada Rabu (10/7).

Lalu, ceker bisa diberi air lagi untuk melalui proses perebusan kedua.

foto: TikTok/@tetymughni

Rebus kembali ceker tersebut di atas api kompor sedang. Selagi direbus, tambahkan beberapa lembar daun jeruk. Yup, daun jeruk inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik ini.

Ceker bisa direbus selama beberapa menit sampai teksturnya lembut. Pemilik akun TikTok @tetymughni mengatakan, jika sudah sampai di proses ini, dijamin ceker buatanmu nggak akan lengket ataupun berlendir lagi saat disajikan.