Rendang adalah salah satu kuliner khas Indonesia, terkenal memiliki cita rasa kaya dan kompleks. Hidangan ini tidak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga mendapat pengakuan di kancah internasional. Bukan tanpa sebab, penggunaan bumbu rempah yang begitu melimpah membuat rendang memiliki rasa nikmat di lidah.

Namun untuk menghasilkan rendang yang enak, perlu teknik pengolahan yang tepat. Rendang harus dimasak dengan api kecil selama berjam-jam untuk memastikan bumbu meresap sempurna dan daging menjadi empuk. Nah, proses memasak yang panjang dan membutuhkan perhatian ekstra ini sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang saat hendak memasak rendang.

Tak hanya itu, pengolahan bumbunya juga bisa memengaruhi rasa rendang. Banyak orang menggunakan bumbu halus yang ditumis untuk campuran rendang. Padahal supaya rasa dari bumbunya bisa lebih nendang, bumbu halus tersebut tidak perlu ditumis terlebih dahulu, lho.

Seorang warganet pemilik akun Instagram @nikadewanti pernah membagikan trik memasak rendang agar rasanya lebih nendang bak di Rumah Makan Padang. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menumis bumbunya terlebih dahulu. Namun bumbu tersebut dimasak langsung dengan santan untuk menghasilkan cita rasa yang lebih kompleks.

 

 

Instagram/@nikadewanti

Dilansir BrilioFood dari Instagram @nikadewanti pada Rabu (18/9), hal pertama yang harus dilakukan adalah menuang 3 liter santan ke dalam wajan. Sembari direbus, masukkan irisan bawang merah, serai, daun salam, daun kunyit, dan daun jeruk. Tambahkan juga kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan bunga lawang. Aduk-aduk terus sampai mendidih agar santan tidak pecah.

Instagram/@nikadewanti

Ketika santan sudah mendidih, barulah kemudian masukkan bumbu halus yang terbuat dari 30 siung bawang merah, 15 bawang putih, 4 buah lengkuas, 3 buah jahe, dan 40 buah cabai merah. Masukkan juga 3 sdm ketumbar sangrai, 1 sdm merica sangrai, 1 sdt jinten, dan 1 buah pala. Agar semakin nikmat masukkan 2 sdm bumbu minang.

Instagram/@nikadewanti

Selanjutnya, aduk-aduk semua bahan dan didihkan kembali selama 20-30 menit. Nah, di sinilah kuncinya. Bumbu yang dimasak dalam waktu lama bersama santan akan membuatnya matang dan lebih wangi meskipun tidak ditumis sebelumnya. Lantas jika santannya sudah mendidih lagi, masukkan 1,5 kg daging sapi yang sudah diiris. Aduk sesekali sampai mengental.

Instagram/@nikadewanti

Jika sudah, tambahkan penyedap seperti 2 sdm garam dan 1 sdt micin. Masukkan juga ambu-ambu atau bumbu rendang yang terbuat dari kelapa parut. Setelah itu, aduk sampai kuah rendang menyusut dan dagingnya jadi empuk. Jika sudah rendang kering, kamu bisa memasaknya lebih lama, ya.

Instagram/@nikadewanti

Nah, rendang yang sudah matang ini siap disajikan. Kamu bisa langsung menyantapnya dengan nasi putih hangat untuk lauk makan. Dijamin rasa bumbunya nendang dan tekstur daging yang empuk, mirip seperti rendang yang disajikan di Rumah Makan Padang.