Coretan pulpen pada baju kerap menjadi masalah yang menjengkelkan, terutama ketika noda tersebut mengenai pakaian berwarna putih. Pasalnya, tinta pulpen cenderung cepat meresap ke dalam serat kain, sehingga menyebabkan nodanya terlihat mencolok, apalagi di baju putih. Banyak orang kebingungan saat membersihkan noda ini dengan cara biasa karena sering tidak membuahkan hasil, bahkan nodanya bisa lebih parah jika tidak ditangani dengan tepat.

Namun perlu diketahui bahwa tinta pulpen biasanya terbuat dari bahan berbasis minyak atau air yang cepat mengering. Hal tersebut membuat noda lebih sulit dibersihkan setelah beberapa waktu. Jika tidak segera ditangani, noda ini bisa menjadi permanen dan tentunya merusak tampilan pakaian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui metode yang efektif dalam mengatasi noda tinta di baju putih.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @harisusanto4121 pernah membagikan trik sederhana saat hendak membasmi coretan tinta yang mengenai baju putih. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan detergen atau pun cairan pemutih. Namun ada dua bahan dapur yang bisa diandalkan untuk menghilangkan coretan tinta di baju putih.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @harisusanto4121 pada Selasa (13/8), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka dan sabun cuci piring. Campuran kedua bahan ini bisa sangat ampuh membasmi noda tinta di baju, apalagi jika masih baru. Memang sebaiknya, baju yang terkena noda tinta harus segera dicuci supaya nodanya tidak semakin meresap dan akan lebih sulit dihilangkan.

 

 

© Instagram/@harisusanto4121

Caranya, ambil baju putih yang terkena coretan tinta. Setelah itu, tuang cuka langsung ke area baju yang terkena noda tinta. Pastikan seluruh nodanya benar-benar basah terkena cuka.

© Instagram/@harisusanto4121

Selanjutnya, tuang sabun cuci piring ke area tersebut. Jika sudah, langsung gosok-gosok menggunakan sikat gigi. Sambil digosok, celupkan baju ke dalam air untuk melunturkan nodanya. Lalu gosok dan kucek sesekali agar noda tinta semakin luntur.

© Instagram/@harisusanto4121

Nah, jika noda tinta dari coretan pulpen sudah hilang, kamu bisa membilas baju tersebut dengan air mengalir. Pastikan tidak ada noda atau sabun yang masih tertinggal, ya. Jika sudah, jemur baju sampai benar-benar kering. Dengan begitu, tampilan baju putih akan semakin kinclong karena bebas noda dan coretan tinta pulpen.

Pada dasarnya, cuka dan sabun cuci piring adalah kombinasi efektif untuk menghilangkan noda tinta dari coretan pulpen di baju putih. Cuka, yang bersifat asam, mampu melarutkan komponen tinta, terutama yang berbasis air, sehingga membuat noda lebih mudah diangkat dari serat kain. Sifat asam cuka juga membantu menetralkan beberapa bahan kimia dalam tinta, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Di sisi lain, sabun cuci piring mengandung surfaktan yang dapat mengikat minyak dan kotoran, serta memecah molekul tinta yang tertinggal di kain. Surfaktan ini bekerja dengan mengurangi tegangan permukaan air, sehingga air bisa lebih mudah menembus kain dan mengangkat tinta dari serat. Ketika digunakan bersama cuka, sabun cuci piring membantu mengangkat sisa tinta yang telah dilunakkan oleh cuka, membuat noda lebih mudah dihilangkan.