Tingginya intensitas penggunaan rice cooker dapat membuat alat ini mudah kotor dan rentan terhadap penumpukan sisa makanan, noda, dan bau tidak sedap. Kotoran yang menempel biasanya berupa sisa-sisa nasi yang tertinggal di bagian dalam rice cooker. Selain itu, debu dan sisa uap air yang juga bisa membuat elemen pemanas jadi kotor.

Sayangnya, elemen pemanas yang berada di dasar rice cooker ini cenderung kerap diabaikan dan jarang dibersihkan. Padahal bagian tersebut rentan terhadap pertumbuhan kerak. Hal ini disebabkan karena noda yang menempel akan terbakar oleh elemen pemanas ketika rice cooker digunakan. Nah, saat terbakar, noda akan semakin menempel dan berubah jadi kerak hitam.

Jika sudah menjadi kerak, biasanya noda tersebut akan sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian menggunakan berbagai macam racikan bahan khusus untuk menghilangkan noda kerak tersebut. Beberapa di antaranya bahkan menggunakan campuran baking soda, cuka, garam, atau sabun cuci piring.

Namun alih-alih harus meracik bahan pembersih terlebih dahulu, kamu bisa mengandalkan satu bahan sederhana seperti yang digunakan pemilik akun YouTube yu sitie chanel. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kerak hitam di rice cooker. Nah, pasta gigi tersebut akan membuat kerak jadi lunak dalam waktu 15 menit saja.

 

© YouTube/yu sitie chanel

Dilansir BrilioFood dari YouTube yu sitie chanel pada Minggu (15/9), langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengoleskan pasta gigi langsung ke bagian dasar rice cooker. Oleskan menggunakan pasta gigi bekas hingga ke seluruh bagian kerak. Setelah itu, diamkan dulu selama 15 menit.

© YouTube/yu sitie chanel

Jika sudah didiamkan, langsung gosok bagian dasar rice cooker ini dengan sabut kawat. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggosoknya secara searah dan memutar. Hal tersebut akan membuat kerak hitam yang menempel jadi lebih mudah terangkat.

© YouTube/yu sitie chanel

Nah, saat keraknya sudah luntur, lap bagian dasar rice cooker tersebut dengan kain atau tisu basah. Selain untuk mengangkat kerak, proses ini juga dilakukan untuk menghilangkan sisa pasta gigi yang masih menempel. Pastikan bagian dasar rice cooker benar-benar bersih supaya tidak ada kerak yang timbul lagi.

© YouTube/yu sitie chanel

Sesaat setelah dibersihkan, bagian dasar rice cooker jadi tampak lebih kinclong. Kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan. Barulah kemudian rice cooker siap digunakan kembali untuk menanak nasi.