Blender yang sering digunakan untuk menghaluskan bumbu kuning seringkali sulit dibersihkan. Pasalnya, warna kuning dari kunyit memang cukup membandel. Banyak orang harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyikat blender agar noda kunyitnya hilang.

Di samping itu, ada pula yang memilih merendam blender dalam waktu lama dengan air panas, air sabun, atau bahan pembersih lain yang dianggap ampuh. Biasanya, proses merendam bisa memakan waktu semalaman, lho. Namun, pemilik akun TikTok @indrisantikanur punya trik berbeda, nih.

Wanita ini menjelaskan, trik pudarkan noda kunyit di blender ini nggak perlu disikat atau direndam sama sekali, lho. Usut punya usut, trik ini juga bisa dipraktikkan pada alat dapur lain seperti chopper, botol minuman yang sering diisi jamu, dan lain sebagainya.


TikTok/@indrisantikanur

Langkah pertama harus dilakukan, yakni mencuci blender dengan air mengalir dan sabun seperti biasanya. Setelah itu, keringkan dulu blendernya.

TikTok/@indrisantikanur

Jika sudah, langsung jemur blender di bawah sinar matahari langsung. Yup, proses menjemur ini akan memudarkan noda kunyit pada blender ataupun alat dapur lainnya, lho.

TikTok/@indrisantikanur

Durasi menjemur bisa disesuaikan dengan seberapa tebal noda kunyitnya. Semakin tebal nodanya, otomatis semakin lama. Tetapi, jika nodanya tipis, kamu tak perlu menjemurnya terlalu lama.

"Di tutupnya nodanya cuma sedikit, dijemur 30 doang udah hilang," tegas pemilik akun TikTok @indrisantikanur, dikutip BrilioFood pada Sabtu (27/7).

TikTok/@indrisantikanur

Pengguna akun TikTok @indrisantikanur mengatakan, untuk gelas blendernya yang punya noda kunyit cukup tebal, ia butuh waktu 8 jam saat menjemur. Meskipun lama, tapi nodanya jadi benar-benar hilang, lho.

Setelah dijemur, blender tersebut bisa dicuci ulang menggunakan air dan sabun. Di samping itu, kalau ingin hasilnya super kinclong, kamu juga bisa menambahkan baking soda dan lemon saat mencucinya.