Burung dara goreng maupun bakar sering dijual di warung lesehan sebagai lauk pendamping nasi. Lauk satu ini terkenal punya rasa gurih dan nikmat. Tetapi, banyak olahan burung dara yang masih bertekstur alot dan terasa hambar, lho. Nah, alih-alih beli, kamu bisa mengolah burung dara sendiri sesuai selera.

Sebelum digoreng atau dimasak dengan teknik lain, biasanya burung dara harus direbus dulu di dalam panci presto. Tujuannya, supaya daging burung dara bisa lebih empuk dan mudah dikunyah. Namun, nggak semua orang memiliki panci presto di rumah.

 

YouTube/Fafa arrofah

Kalau kamu salah juga nggak punya presto, trik dari pengguna akun YouTube Fafa arrofah bisa dicoba di rumah. Usut punya usut, meskipun tanpa presto, trik masak burung dara ini cuma butuh 15 menit untuk membuat teksturnya tak alot dan bumbunya pun meresap.

YouTube/Fafa arrofah

Jadi sebelum dimasak, burung dara bisa dimarinasi dulu dengan kecap asin dan kecap hitam. Kecap hitam bisa pula diganti dengan kecap manis. Setelah itu, diamkan kurang lebih 2 jam di dalam chiller kulkas.

YouTube/Fafa arrofah

Sembari menunggu burung dara dimarinasi, siapkan juga bumbu untuk rebusan burung dara nanti. Campurkan kecap asin dan kecap hitam di dalam wadah, kemudian tambahkan lada. Di sisi lain, siapkan juga bumbu lain seperti bawang putih, bawang bombay, jahe, bunga lawang, dan lain-lain sesuai selera.

Tumis bumbu-bumbu rempah sampai wangi, setelah itu tuangkan racikan kecap yang sudah dibuat. Masak di atas api kompor sedang.

YouTube/Fafa arrofah

Setelah rebusan bumbu cukup panas, baru masukkan burung dara yang sudah dimarinasi. Masak di dalam panci tertutup sekitar 15 menit. Setelah itu, matikan api kompor.

"Kita diamkan burung dara kurang lebih 15 menit, setelah itu sudah waktunya kita angkat saja," tutur pemilik akun YouTube Fafa arrofah, dikutip BrilioFood pada Kamis (15/8).

Yup, usai api kompor dimatikan, burung dara ini bisa didiamkan selama 15 menit di dalam panci tertutup, sehingga teksturnya bisa semakin empuk. Setelah itu, burung dara bisa langsung disajikan ataupun digoreng lagi.