Kadang-kadang, resleting yang sudah sering dibuka dan ditutup bisa mengalami penurunan kualitas, sehingga mudah lepas. Hal ini bisa terjadi karena ujung resleting lepas atau jahitannya terbuka, jadi mudah sekali lepas.

Kalau resleting sudah lepas, otomatis akan sulit dipasang kembali. Makanya banyak orang memilih membawanya ke tukang jahit untuk diganti dengan resleting baru.

Namun, kamu bisa memasang resleting kembali asalkan tahu triknya, lho. Salah satu triknya sempat dibagikan oleh pengguna akun YouTube TRIK JAHIT TANGAN. Usut punya usut, trik ini cuma membutuhkan bantuan satu alat dapur.

 

YouTube/TRIK JAHIT TANGAN

Dilansir BrilioFood dari YouTube TRIK JAHIT TANGAN pada Senin (29/7), trik ini bisa kamu gunakan pada resleting tas, celana, jaket, atau peralatan lainnya, lho. Jadi, kamu nggak perlu buru-buru menggantinya dengan yang baru. Pemilik akun YouTube TRIK JAHIT TANGAN kali ini mencontohkan triknya pada tas totebag.

YouTube/TRIK JAHIT TANGAN

Semula, kamu wajib menyiapkan satu buah garpu. Yup, garpu inilah alat dapur utama untuk mempraktikkan trik praktis memasang resleting lepas ini. Lalu, selipkan resleting ke bagian tengah garpu.

YouTube/TRIK JAHIT TANGAN

Setelah resleting diselipkan ke tengah garpu, langsung dekatkan resleting ke tas. Masukkan jalur resleting kiri dan kanan, kemudian dorong resleting menggunakan garpu. Jika posisinya pas, otomatis resleting akan masuk dan mudah bergeser.

YouTube/TRIK JAHIT TANGAN

Terakhir, jika resleting sudah berada di posisi semula, baru jahit kedua ujungnya supaya resleting tak mudah lepas lagi. Pemilik akun YouTube TRIK JAHIT TANGAN menjahit ujungya secara manual dengan tangan saja, asalkan ujungnya benar-benar terkunci.