Di antara banyak jenis gorengan, tempe goreng menjadi salah satu camilan yang sangat digemari banyak orang di berbagai kalangan. Dengan rasa gurihnya yang khas, tempe goreng memang selalu bisa membuat penikmatnya ketagihan. Apalagi teksturnya yang renyah memang menjadi daya tarik tersendiri.

Memang salah satu kunci kelezatan tempe goreng terletak pada teksturnya yang renyah dan garing. Nah, untuk mendapatkan tekstur seperti ini, tempe harus dilapisi dengan adonan tepung yang sudah diberi bumbu. Selain meningkatkan tekstur, adonan tepung juga membuat rasa tempe jadi semakin sedap dan gurih.

Biasanya, bahan utama yang digunakan dalam pembuatan adonan pelapis tempe adalah tepung terigu. Nah, tepung terigu ini berfungsi untuk mengikat semua bahan makanan yang dicampur dalam adonan. Selain itu, tepung terigu juga meningkatkan tekstur renyah pada adonan.

Namun perlu diketahui bahwa tepung terigu juga dapat membuat tempe goreng lembek jika sudah dingin. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian menggunakan alternatif lain seperti yang dilakukan pengguna YouTube KING LATIF. Melalui salah satu video unggahannya, dia membagikan trik membuat adonan tempe goreng yang garing dan keriting meski tanpa tepung terigu.

Dilansir BrilioFood dari YouTube KING LATIF pada Kamis (12/9), bahan utama yang digunakan adalah tepung beras dan tepung maizena. Lebih jelasnya, pedagang gorengan ini menggunakan 300 gram tepung beras dan 100 gram tepung maizena. Selain itu, dia juga memakai 1 sdm garam, 1 sdt lada bubuk, 1/2 sdt kunyit bubuk, 1 sdt ketumbar bubuk, kaldu sapi bubuk, dan 300 ml air.

 

© YouTube/KING LATIF

Cara buatnya cukup mudah. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung beras, tepung maizena, garam, lada bubuk, kunyit, bubuk, ketumbar, dan kaldu sapi. Aduk-aduk semua bahan terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga semua bahan tercampur rata.

"Jangan terlalu encer atau terlalu kental," ujar YouTube KING LATIF.

© YouTube/KING LATIF

Selanjutnya, masukkan tempe. Dalam video tersebut, pengguna YouTube KING LATIF menggunakan tempe mendoan tipis. Sesaat setelah dicelupkan ke dalam adonan, langsung goreng tempe di minyak panas yang banyak.

© YouTube/KING LATIF

Setelah itu, goreng sampai matang dengan cara dibolak-balik. Saat setengah matang, siramkan sedikit adonan ke dalam tempe yang sedang digoreng. Hal ini akan membuat tempe jadi keriting dan renyah.

"Kita tunggu kering, kurang lebih 2 menit sampai kecokelatan," jelasnya lebih lanjut.

© YouTube/KING LATIF

Jika sudah kecokelatan dan kering, langsung tiriskan. Nah, tempe goreng yang sudah matang ini bisa langsung dikonsumsi. Permukaannya yang benar-benar keriting menandakan bahwa tempe tersebut renyah dan garing. Tekstur ini juga bisa bertahan lama sekalipun tempe sudah dingin.

Unggahan tentang trik bikin tempe goreng ini telah ditonton lebih dari 252 ribu kali di YouTube. Nggak heran jika kemudian ada banyak warganet tertarik dan turut memberikan membanjiri kolom komentar dengan berbagai macam tanggapan. Bahkan ada juga yang memberikan saran lain untuk meningkatkan kerenyahan tempe goreng.

"Aku pakek tepung ketaan woooo renyaaaah banget sehari semalam gak loyo gorengan nya...kriuuuk2 asal tempatnya di tutup rapat," sahut YouTube @mamakian9456.