Cicak dan kecoak bisa datang tiba-tiba ke dalam rumah. Kedua hewan ini pastinya sangat menyebalkan, karena bisa meninggalkan kotoran di area rumah. Banyak orang membeli semprotan khusus untuk mengusir hewan-hewan tersebut, tapi hasilnya belum tentu efektif.

Alhasil, membuat racikan khusus yang dibuat sendiri terkadang dijadikan solusi. Racikan tersebut bisa dibuat dari campuran kamper, pewangi pakaian, atau bahkan bahan kimia lainnya. Namun, berbeda dengan yang dilakukan pengguna akun Instagram @kakak_maryam.

Usut punya usut, wanita yang akrab disapa Maryam ini cuma modal satu bahan dapur untuk menjaga rumah dari cicak dan kecoak. Bahan dapur yang digunakan gampang banget ditemukan di pasaran, karena setiap harinya digunakan untuk memasak.

 

© Instagram/@kakak_maryam

Untuk mempraktikkan triknya, siapkan beberapa butir bawang putih yang sudah dikupas. Yup, bawang putih inilah bahan dapur utama buat praktikkan trik ini. Iris bawang putih jadi kecil-kecil.

© Instagram/@kakak_maryam

Pindahkan bawang putih tersebut ke dalam botol spray atau semprotan. Kemudian, tuangkan air bersih secukupnya ke dalam botol berisi bawang putih tersebut.

© Instagram/@kakak_maryam

Setelah bawang putih dan air masuk, lantas tutup botolnya sampai rapat. Kocok botol tersebut supaya zat-zat dalam bawang putih bisa larut ke air. Selanjutnya, diamkan beberapa saat sebelum bahan ini digunakan.

"Diamkan minimal 30 menit," ucap pemilik akun Instagram @kakak_maryam, dikutip BrilioFood pada Kamis (18/7).

© Instagram/@kakak_maryam

Setelah didiamkan 30 menit, air rendaman bawang putih inipun siap digunakan. Kamu bisa menyemprotkannya ke ventilasi, bagian bawah pintu, sudut-sudut kamar mandi, atau area lain yang sering dilewati oleh cicak atau kecoak.