Ada banyak cara mengolah tempe jadi hidangan lezat. Tetapi, tempe goreng sepertinya masih jadi andalan banyak orang untuk dimasak di rumah. Olahan tempe goreng ini cocok dimakan sebagai lauk pendamping nasi atau camilan.

Tempe goreng bisa dibuat polosan atau ditambah adonan tepung. Kalau pakai tepung, biasanya hasil gorengan tempe jadi semakin renyah setelah hidangan ini matang. Namun, terkadang masih ada yang gagal membuat tempe goreng renyah dalam waktu lama. Alih-alih renyah, tempe goreng justru cepat lembek setelah dingin.

Nah, biar nggak cepat lembek, adonan tempe terkadang harus ditambah dengan baking soda. Baking soda diketahui bisa membuat adonan tepung jadi lebih berongga, sehingga bisa renyah semakin lama setelah digoreng. Tetapi, pengguna akun TikTok @chefharitv punya trik lain tanpa memanfaatkan baking soda, nih.

Pria pengguna akun TikTok @chefharitv ini menjelaskan, trik menggoreng tempe agar adonannya nggak cepat lembek ini cukup ditambah dua bahan dapur saja. Di sisi lain, menurutnya teknik menggoreng tempe juga perlu diperhatikan supaya hasilnya bisa renyah tahan lama.

Lantas, seperti apa sih triknya?

 

TikTok/@chefharitv

Sebelum memulai triknya, siapkan dulu bumbu halus yang sudah diberi sedikit air di mangkuk atau baskom. Kemudian masukkan 100 gram tepung terigu. Nah, ini dia kuncinya, selain tepung terigu, pemilik akun TikTok @chefharitv juga menambahkan 25 gram tepung beras.

Tepung beras ini jadi salah satu bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik goreng tempe agar adonannya nggak cepat lembek ini. Penambahan bahan ini dipercaya bisa menghasilkan lapisan adonan yang jauh lebih renyah daripada hanya pakai terigu.

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan aduk adonan hingga rata. Usai adonan rata, kamu juga bisa menambahkan potongan daun bawang atau bumbu lain supaya lebih wangi.

Jika sudah, lanjut masukkan bahan dapur kedua buat praktikkan trik goreng tempe agar nggak cepat lembek ini, yaitu 1 sdm minyak goreng. Aduk kembali sampai semua bahan merata.

"Minyak goreng ini bisa membuat gorengan jadi krispi tahan lama," tutur pemilik akun TikTok @chefharitv, dikutip BrilioFood pada Rabu (10/7).

TikTok/@chefharitv

Saat adonan sudah siap, langsung celupkan semua potongan tempe yang ingin digoreng ke dalamnya. Pemilik akun TikTok @chefharitv juga menjelaskan, semakin tipis potongan tempenya, otomatis hasilnya akan semakin renyah pula. Bolak-balik agar adonannya bisa menyelimuti tempe secara keseluruhan.

TikTok/@chefharitv

Sebelum masuk ke proses menggoreng, siapkan dulu minyak agak banyak di dalam wajan dan panaskan di atas api kompor sedang. Kalau minyak sudah benar-benar panas, baru goreng tempenya. Bolak-balik tempe agar matangnya merata dan tunggu sampai warnanya kecokelatan.

TikTok/@chefharitv

Saat tempe sudah kecokelatan dan hampir siap diangkat, naikkan besar api kompornya. Pengguna akun TikTok @chefharitv mengatakan, teknik satu ini juga akan membantu hasil gorengan tempe jadi lebih renyah dan teksturnya bertahan lebih lama, lho.

"Setelah matang, besarkan api, kemudian kita angkat untuk tempe gorengnya," sebut pria akrab disapa Chef Hari ini.