Kaus kaki sangat mudah kotor karena noda keringat ataupun debu. Apalagi kalau kaus kaki punya warna terang seperti putih, pasti nodanya akan sangat kentara. Emak-emak pasti sering mendapati hal ini, terutama pada kaus kaki anak yang punya banyak aktivitas di luar rumah.

Biasanya, untuk mencuci kaus kaki yang kotor, kamu harus menyikatnya kuat-kuat supaya nodanya bisa hilang. Namun, berbeda dengan emak-emak di akun YouTube Roemah Almini, lho. Ia mengaku punya satu trik yang nggak butuh energi besar untuk mengembalikan kaus kaki buluk jadi bersih lagi.

foto: YouTube/Roemah Almini

Usut punya usut, untuk mempraktikkan trik ini, kamu cuma butuh tambahan satu bahan dapur. Nah, buat kamu yang sering ogah mencuci kaus kaki buluk, yuk coba trik satu ini di rumah.

 

© YouTube/Roemah Almini

Sebelum masuk ke triknya, letakkan dulu semua kaus kaki buluk yang ingin dicuci di dalam ember. Kemudian, tambahkan 1 bungkus bubuk sitrun atau citric acid. Tak sampai situ saja, tambahkan juga sabun cuci piring secukupnya. Yup, inilah bahan dapur utama untuk cuci kaus kaki buluk agar bersih seperti baru lagi.

Setelah itu, siram kaus kaki dengan air panas. Pemilik akun YouTube Roemah Almini mengaku menggunakan air panas yang baru saja mendidih usai direbus. Lalu, biarkan kaus kaki terendam selama beberapa saat.

"Rendam kaus kaki selama 1 sampai 2 jam," tegas pengguna akun YouTube Roemah Almini, dikutip BrilioFood pada Selasa (13/8).

© YouTube/Roemah Almini

Usai direndam, warganet yang akrab disapa Almini ini menjelaskan, noda-noda kehitaman pada kaus kaki sudah mulai pudar. Kemudian, kaus kaki bisa dikucek perlahan.

© YouTube/Roemah Almini

Setelah dikucek beberapa saat, lanjutkan proses mencuci kaus kaki dengan mesin cuci. Pemilik akun YouTube Roemah Almini mencampurkan kaus kakinya dengan pakaian lain, sehingga nggak boros listrik dan air.

Kalau sudah dicuci dengan mesin cuci, kaus kaki bisa langsung dijemur sebelum disimpan atau digunakan kembali. Gimana, hasilnya jadi super bersih seperti baru lagi, kan?