Sponge cuci piring sering terpapar noda, sehingga berisiko membuat kuman dan bakteri tumbuh di dalamnya. Belum lagi, alat dapur satu ini sering dibiarkan lembap di dapur yang membuat kuman mudah berkembang biak. Biasanya, spons kotor ditandai dengan aromanya yang sudah bau atau penampilannya yang mulai dekil.

Salah satu cara mencegah kuman tumbuh pada spons, yakni dengan rutin membersihkan dan menyimpannya dalam keadaan kering. Di sisi lain, ada pula yang memilih mencucinya secara berkala dengan teknik perendaman di larutan cuka dan soda kue. Tetapi, nggak semua orang selalu punya stok kedua bahan tersebut di rumah, kan?

Nah, trik dari pengguna akun TikTok @verena.sepasthika ini bisa kamu tiru untuk merawat spons agar bebas kuman, nih. Usut punya usut, wanita ini cuma butuh dua bahan sederhana untuk basmi kuman di spons.

Mengintip unggahan TikTok @verena.sepasthika yang sudah ditonton 2 juta kali, tak sedikit warganet meninggalkan berbagai komentar. Ada yang mengaku terinspirasi dengan trik ini ataupun punya trik lain yang dianggap nggak kalah ampuh merawat spons tetap bersih.

Makasih infonya kak, tapi aku tim yg langsung cuci piring setelah makan/masak (dikit2 langsung cuci), kebayang kalo dikit2 harus cuci bilas-siram air panas-cuci bilas," ungkap TikTok @ACT .

Mkny sy kalo abis cuci piring sll peres sponge smpe kering biar gk bau & gk byk kuman," tutur TikTok @illy.

Mau pake sponge atau sabut asal selesai pakai langsung dibilas bersih jgn direndam dgn sisa air sabun nyuci alat" masak dan makan," kata TikTok @Tyasmissyou.

 

© TikTok/@verena.sepasthika

Semula, tuangkan sabun cuci piring secukupnya ke spons. Yup, sabun cuci piring inilah bahan inti pertama buat praktikkan trik basmi kuman di spons ini. Lalu, kucek spons yang sudah diberi sabun tersebut.

© TikTok/@verena.sepasthika

Setelah itu, siram spons cuci piring dengan air mengalir sambil terus dikucek hingga sabunnya hilang.

© TikTok/@verena.sepasthika

Belum sampai situ saja, kamu juga perlu menyiapkan satu bahan lagi, yaitu air panas. Pemilik akun TikTok @verena.sepasthika biasanya pakai air panas yang benar-benar baru mendidih usai direbus. Setelah itu, langsung siram spons dengan air panas tersebut.

"Siram ke sponge, diamkan 3 menit," tegas pemilik akun TikTok @verena.sepasthika, dikutip BrilioFood pada Senin (15/7).

© TikTok/@verena.sepasthika

Kalau sudah didiamkan selama 3 menit, selanjutnya bilas lagi spons dengan air mengalir sambil dikucek perlahan. Jika sudah, peras dan keringkan spons sebelum digunakan kembali untuk mencuci piring. Pemilik akun TikTok @verena.sepasthika menjelaskan, trik ini bisa dilakukan 1 minggu sekali.