Seiring pemakaian, tungku kompor bisa kotor dan berkerak. Salah satu alasan utama mengapa tungku kompor bisa kotor adalah akumulasi sisa makanan dan minyak. Saat memasak, tetesan minyak, remah makanan, dan residu lainnya dapat menempel di permukaan tungku. Jika tidak dibersihkan dengan baik, residu ini dapat mengeras dan sulit dihilangkan.

Tungku kompor yang kotor juga dapat menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat menjadi sumber kontaminasi makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Kebersihan tungku kompor menjadi kunci untuk mencegah infeksi dan penyakit yang disebabkan bakteri yang berkembang biak di area tidak bersih.

Makanya penting untuk membersihkan tungku kompor secara teratur. Selain jadi lebih higienis, memakai kompor dengan tungku yang bersih juga membuat kamu mudah memastikan bahwa panas didistribusikan dengan baik dan memasak jadi lebih efisien. Ada banyak cara untuk membersihkan tungku kompor yang dapat kamu coba di rumah.

Misalnya, tungku kompor bisa dibersihkan dengan air panas. Air panas dipercaya ampuh mengangkat noda membandel, terutama lemak yang menempel pada tungku kompor. Namun, pemilik akun TikTok @kota_dumaipesisir punya cara berbeda, nih. Bapak-bapak satu ini mengatakan, ia cuma butuh tambahan satu bahan dapur untuk mengembalikan tungku kompor berkerak jadi kinclong lagi.

 

© TikTok/@kota_dumaipesisir

Siapkan dulu tungku kompor yang ingin dibersihkan, lalu taburi dengan baking soda secara merata. Yup, baking soda inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan cara usir noda kerak tungku kompor ini.

© TikTok/@kota_dumaipesisir

Setelah itu, siram tungku kompor yang sudah diberi baking soda dengan cairan pembersih kamar mandi. Nantinya, baking soda dan cairan pembersih kamar mandi akan bereaksi menghasilkan busa. Selanjutnya, diamkan selama beberapa saat agar kedua bahan bisa bekerja mengangkat noda.

"Setelah itu kita diamkan 5 menitan saja," tegas pemilik akun TikTok @kota_dumaipesisir, dikutip BrilioFood pada Senin (22/7).

© TikTok/@kota_dumaipesisir

Usai didiamkan 5 menit, baru gosok tungku kompor tersebut dengan sabut kawat sampai semua nodanya luntur. Pemilik akun TikTok @kota_dumaipesisir menjelaskan, cara ini juga bisa dipraktikkan pada burner kompor.

© TikTok/@kota_dumaipesisir

Jika dirasa sudah tak ada noda kerak tersisa, baru bilas tungku kompor tersebut dengan air bersih. Gimana, hasilnya kelihatan lebih kinclong, kan?