Lele asap yang sudah jadi banyak dijual di pasaran, sehingga bisa dibeli dan dimasak langsung jadi hidangan favorit masing-masing. Tetapi, ada pula yang memilih masak lele asap sendiri di rumah, sehingga lebih ekonomis dan bisa menyesuaikan tingkat kematangan dengan selera.

Umumnya, memasak lele asap membutuhkan arang sebagai bahan bakarnya. Tetapi, pemilik akun TikTok @nurcahayat punya trik lebih simpel, nih. Usut punya usut, ia hanya mengandalkan satu ampas dapur saja.

Meskipun nggak pakai arang, lele asap yang dimasak dengan trik ini hasilnya tetap smokey dan matang sempurna, lho.

 

TikTok/@nurcahayat

Sebelum dimasak, siangi dan bersihkan dulu ikan lelenya. Jangan lupa isi perutnya dibuang sampai tuntas. Kemudian, cuci bersih dan tiriskan lele.

TikTok/@nurcahayat

Selanjutnya, siapkan bonggol jagung ataupun tempurung kelapa. Yup, itulah ampas dapur utama sebagai pengganti arang untuk mempraktikkan trik masak lele asap ini.

TikTok/@nurcahayat

Bakar bonggol jagung ataupun tempurung kelapa hingga bara apinya menyala. Lalu, siapkan panggangan dan letakkan lele di atasnya. Masak selama beberapa saat sampai lele matang dan smokey.

"Panggang di atas bara api hingga berubah warna," tegas pemilik akun TikTok @nurcahayat, dikutip BrilioFood pada Rabu (21/8).

TikTok/@nurcahayat

Gimana, menggugah selera banget kan olahan lele asap satu ini? Setelah lele asap matang, hidangan ini siap diolah lagi jadi hidangan apapun sesuai selera.