Gorengan sudah menjadi salah satu camilan favorit masyarakat. Tidak hanya disukai karena rasanya gurih dan renyah, tetapi juga karena variasi bahan dasar atau isiannya yang beragam. Sebagian besar gorengan biasanya dibuat dengan bahan dasar sayuran seperti wortel, kol, tauge, dan bayam. Penggunaan sayuran ini tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga tekstur kompleks pada gorengan.

Penggunaan sayuran sebagai bahan dasar atau isian gorengan memberikan manfaat ganda. Selain meningkatkan tekstur dan rasa, sayuran juga kaya vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Misalnya, wortel dengan kandungan vitamin A yang tinggi, atau bayam yang kaya zat besi, menjadikan gorengan tidak sekadar camilan biasa, tetapi juga camilan yang memiliki nilai gizi. Inovasi dalam penggunaan sayuran ini membuat gorengan lebih bervariasi dan dapat dinikmati banyak kalangan.

Nah, saat hendak digunakan, sebagian besar orang biasanya akan meracik aneka sayur terlebih dahulu. Namun alih-alih meracik satu per satu adonan sayur untuk banyak aneka gorengan, kamu bisa membuat satu adonan yang bisa dipakai untuk isian aneka gorengan, lho. Adonan sayur ini pernah digunakan oleh warganet pemilik akun Instagram @sasaka.donut melalui salah satu video yang diunggah.

 

 

Instagram/@sasaka.donut

Dilansir BrilioFood dari Instagram @sasaka.donut pada Rabu (16/10), bahan sayur yang bisa digunakan adalah kol atau kubis, wortel, daun bawang, dan tauge. Semua bahan-bahan ini bisa dicuci bersih terlebih dahulu. Untuk kubisnya, kamu bisa mengirisnya hingga tipis memanjang.

Lalu kupas wortel dan parut, kemudian masukkan ke wadah. Selanjutnya, iris-iris daun bawang dan sisihkan. Setelah itu, cuci bersih tauge yang hendak digunakan juga.

Instagram/@sasaka.donut

Nah, triknya, semua sayuran ini harus digoreng sebentar agar rasanya lebih gurih dan manis. Namun perlu diketahui bahwa kubisnya harus digoreng terpisah. Jadi, letakkan kubis dalam saringan stainless yang lebar. Lalu celupkan saringan tersebut sebentar ke dalam minyak panas. Setelah itu, aduk-aduk kubis, celupkan lagi, dan tiriskan.

Instagram/@sasaka.donut

Lakukan proses yang sama kepada wortel daun bawang, dan tauge. Namun dalam video tersebut, pengguna Instagram @sasaka.donut mencampur ketiga bahan ini jadi satu dalam saringan. Caranya pun sama, yakni dengan mencelupkan saringan ke dalam minyak panas. Lalu aduk-aduk dan celupkan lagi, kemudian tiriskan.

Instagram/@sasaka.donut

Selanjutnya, semua sayur tadi bisa dicampur jadi satu dalam baskom besar. Lalu bumbui dengan penyedap rasa, seperti kaldu bubuk, garam, atau lada. Setelah itu, aduk-aduk semua bahan hingga tercampur jadi satu. Dengan begitu, adonan sayur ini bisa langsung digunakan.

Jika hendak dipakai untuk isian lumpia dan tahu, kamu bisa langsung menggunakannya begitu saja. Namun jika hendak digunakan untuk bakwan, kamu dapat mencampurnya lagi dengan adonan tepung. Barulah kemudian semua gorengan ini siap digoreng.