Kamu mungkin pernah mengalami, belanja segar, tapi sampai rumah ternyata kurang segar. Akan membawa penyakit jika udang tersebut sudah mulai membusuk.

Salah satu penyebab utama udang kurang segar adalah rantai distribusi yang panjang dan kurang tepatnya penanganan selama proses pengiriman. Udang harus disimpan dalam suhu sangat rendah untuk menjaga kesegarannya. Namun, sering kali terjadi pelanggaran prosedur penyimpanan atau keterlambatan pengiriman yang membuat udang kehilangan kualitasnya sebelum sampai di tangan konsumen. Selain itu, udang yang telah dibekukan dan dicairkan berulang kali juga dapat mengalami penurunan kualitas yang signifikan.

Tidak hanya itu, kurangnya kesadaran dan pengetahuan pembeli dalam memilih udang yang segar juga turut berperan. Banyak orang tidak tahu cara mengenali udang segar dari yang sudah kurang layak konsumsi. Udang segar memiliki ciri-ciri tertentu, seperti aroma laut yang segar, tekstur yang kenyal, dan warna yang cerah.

Nah, jika kamu telanjur membeli udang yang kurang segar, sebaiknya perhatikan cara mengolahnya. Pasalnya, udang yang kurang segar bisa menimbulkan efek tertentu pada orang yang mengonsumsinya, misalnya alergi atau gatal. Untuk meminimalisir timbulnya alergi ini, kamu dapat menerapkan beberapa trik dalam mengolah udang yang kurang segar.

 

Instagram/@ummubalqishaura

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Rabu (2/10), hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan udang. Buang kotoran di bagian punggung udang. Lalu jika ada bagian udang yang sudah mulai hijau, potong dan buang.

Instagram/@ummubalqishaura

Selanjutnya, bilas udang dengan air bersih. Lalu letakkan dalam baskom dan isi dengan air sampai terendam. Setelah itu, masukkan 1 sdm garam dan aduk-aduk, rendam udang dalam air garam ini selama 10-15 menit.

Instagram/@ummubalqishaura

Jika sudah, tiriskan dan bilas sampai bersih. Kemudian letakkan lagi dalam baskom dan marinasi udang. Dia menggunakan dua bumbu dapur, yakni jahe dan kunyit bubuk. Aduk-aduk dan diamkan selama beberapa menit. Nah, udang yang sudah dimarinasi bisa langsung dimasak.

"Kunyit dan jahe mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga mampu mengurangi rasa gatal pada udang yang tidak segar lagi," jelas Instagram @ummubalqishaura.