Dapur jadi salah satu ruangan yang cepat kotor. Pasalnya, proses memasak terkadang menghasilkan sampah hingga cipratan minyak yang tersisa di meja dapur. Untuk membersihkan dapur, sejumlah orang sengaja mengusapnya pakai kain lap.

Sekali usap, segala kotoran di permukaan meja dapur langsung terangkat. Dapur jadi tampak bersih dan kinclong lagi setelah dipakai memasak.

Namun, berbagai kotoran justru akan berpindah ke kain lap. Kalau tidak langsung dibersihkan, kain lap jadi dekil bahkan baunya tidak sedap.

Untuk membersihkannya, sejumlah orang sengaja menggosok kain lap pakai berbagai larutan pembersih. Agar bersih maksimal, kain lap harus disikat sekuat tenaga dan dalam waktu yang lama.

 

Instagram/@tinisusanii

Tapi kalau nggak mau ribet, kamu bisa meniru cara yang dilakukan oleh pengguna Instagram @tinisusanii. Di unggahan videonya, ia menunjukkan penampakan lap dapurnya yang tampak dipenuhi noda membandel.

Instagram/@tinisusanii

Langkah pertama, masukkan lap dapur ke ember. Lalu tuang sabun cuci piring dan garam. Untuk takarannya bisa disesuaikan dengan jumlah lap dapur yang dibersihkan.

Instagram/@tinisusanii

Ia juga menambahkan baking soda dan cuka ke dalam ember. Terakhir, tuang air panas ke sampai merendam seluruh bagian lap dapur.

Instagram/@tinisusanii

Nggak perlu digosok atau dikucek, cukup diamkan lap dapur terendam di larutan pembersih selama 30 menit. Campuran bahan-bahan dapur yang dipakai dianggap ampuh mengangkat segala jenis noda di lap dapur. Hal ini terbukti, setelah didiamkan selama 30 menit, tampilan lap dapur tampak berubah.

"Kucek sebentar lalu bilas, hasilnya kinclong seperti baru," ujarnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @tinisusanii pada Kamis (18/7).

Buat yang selama ini bingung cara mencuci lap dapur kumal, langsung praktikkan cara ini saja. Tanpa perlu capek-capek menggosoknya, lap dapur jadi bersih maksimal.