Banyak orang mengandalkan rice cooker saat menanak nasi. Bukan tanpa alasan, menanak nasi pakai rice cooker memang praktis. Tinggal masukkan beras yang sudah dicuci bersih lalu tuang air secukupnya. Kemudian tutup dan tekan tombol "cook" di rice cooker.

Meski begitu, penggunaan rice cooker juga nggak lepas dari kendala, lho. Biasanya sisa-sisa nasi menempel di bagian dalam panci rice cooker. Alhasil, membersihkan rice cooker jadi PR tersendiri. Mengingat nasi yang menempel sudah mengerak sehingga teksturnya pun keras.

Untuk membersihkan sisa-sisa kerak nasi pada rice cooker tersebut, sejumlah orang sengaja memanasinya di atas api kompor. Sayangnya meski kerak nasi jadi lepas, namun proses ini berisiko merusak bagian pantat panci rice cooker.

 

Instagram/@rumah_shahia

Supaya kamu lebih cepat membersihkan kerak pada rice cooker, coba tiru cara ala pengguna Instagram @rumah_shahia. Di unggahan videonya, ia menunjukkan penampakan panci rice cookernya yang dipenuhi kerak sisa nasi. Karena akan digunakan lagi, mau nggak mau panci rice cooker harus dibersihkan dalam waktu singkat.

Instagram/@rumah_shahia

Mengetahui hal itu, ia langsung menuang sabun cuci piring ke dalam panci rice cooker. Nggak berhenti sampai di situ, ia juga menambahkan air mendidih sampai merendam seluruh bagian kerak nasi di dalam panci rice cooker.

Instagram/@rumah_shahia

Setelah direndam air mendidih, diamkan panci rice cooker selama 1 menit. Setelah itu, aduk-aduk kerak nasi pakai centong. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @rumah_shahia pada Selasa (16/7), meski direndam sebentar saja, kerak nasi langsung lepas dengan sendirinya.

Instagram/@rumah_shahia

Kalau sudah begitu, buang airnya dan tiriskan kerak nasi yang terlepas. Lalu sisihkan atau buang kerak nasinya ke tempat sampah. Langsung cuci panci rice cooker seperti biasa. Jangan lupa dibilas pakai air mengalir sampai bersih, ya.