Banyak variasi gelas di pasaran yang bisa kamu beli untuk melengkapi koleksi peralatan dapur. Salah satu gelas yang sering jadi andalan untuk digunakan sehari-hari adalah yang berbahan kaca. Gelas kaca banyak dipilih karena kokoh, awet, dan lebih elegan dibanding gelas lain.

Namun, kadang-kadang masih banyak orang belum tahu trik perawatan gelas baru, sehingga gelas kaca cepat pecah saat diisi air dalam keadaan hangat, panas, dan dingin. Seperti yang dijelaskan salah satu pengguna akun TikTok @dapur.e.mama.rini dalam sebuah unggahannya.

Warganet yang akrab disapa Mama Rini ini mengatakan, gelas baru sebaiknya jangan langsung digunakan begitu saja, melainkan harus melewati satu trik terlebih dahulu. Trik ini disebut-sebut bikin gelas lebih higienis dan tak mudah pecah saat dipakai.

 

© TikTok/@dapur.e.mama.rini

Sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu air bersih di dalam panci. Kemudian, masukkan semua gelas kaca yang masih baru ke dalamnya. Pastikan gelas terendam dengan air secara keseluruhan.

© TikTok/@dapur.e.mama.rini

Selanjutnya, rebus semua gelas baru tersebut di atas api kompor sedang. Yup, inilah trik agar gelas baru lebih higienis dan tak mudah pecah saat dipakai.

"Selain untuk membersihkan dan menetralisir dari residu dan kotoran, (cara ini) juga menjaga gelas dari suhu panas dan dingin, jadi gelas tidak akan mudah pecah ketika dipakai," tegas pemilik akun TikTok @dapur.e.mama.rini, dikutip BrilioFood pada Senin (19/8).

Dilansir dari blog.bottlestore.com, merebus gelas kaca sebelum digunakan sangat efektif bikin alat dapur satu ini lebih steril. Pasalnya, tidak ada yang tahu noda apa yang menempel pada gelas selama gelas diproduksi sampai didistribusikan ke pasaran.

© TikTok/@dapur.e.mama.rini

Usai air rebusan gelas mendidih, bolak-balik gelas sebentar, lalu angkat dan tiriskan gelas. Diamkan gelas di suhu ruang sampai tak panas lagi, lalu gelas tersebut siap digunakan untuk minum.