Pisau cukur yang telah lama digunakan sering menunjukkan tanda-tanda berkarat. Kemunculan karat tersebut bisa merusak keefektifan alat cukur tersebut. Karat tidak hanya mengurangi performa pisau, tetapi juga bisa mengganggu kenyamanan saat mencukur dan menimbulkan risiko iritasi pada kulit.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa solusi terbaik adalah dengan mengganti pisau cukur yang sudah karatan. Padahal ada cara sederhana dan efektif untuk mengembalikan fungsinya tanpa harus membuangnya. Salah satu metode yang mudah dan murah untuk membersihkan pisau cukur dari karat adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

foto: YouTube/Epin Pino

Triknya sempat dibagikan oleh pengguna akun YouTube Epin Pino. Trik ini disebut hanya mengandalkan satu bahan dapur. Selain mengembalikan kebersihan pisau cukur, trik ini juga akan membantu menajamkan mata pisaunya, lho.

 

© YouTube/Epin Pino

Untuk memulai, kamu bisa menyiapkan wadah berisi air bersih. Kemudian, celupkan pisau cukur ke dalamnya. Selanjutnya, olesi mata pisau cukur dengan sabun cuci piring. Yup, sabun cuci piring inilah yang jadi bahan dapur inti untuk mempraktikkan trik ini. Kemudian, gosok pisau cukur dengan sikat gigi bekas.

© YouTube/Epin Pino

Setelah pisau cukur bebas dari karat, bilas dan keringkan dulu sebelum beralih ke proses selanjutnya. Kemudian, siapkan kardus atau sabuk yang permukaannya berbahan kulit. Langsung gosokkan mata pisau cukur ke kardus atau sabuk tersebut agar pisau cukur jadi lebih tajam.

"Kalau tidak ada, teman-teman bisa menggantinya dengan koran atau kertas biasa," imbuh pemilik akun YouTube Epin Pino, dikutip BrilioFood pada Rabu (28/8).

© YouTube/Epin Pino

Usai ditajamkan dengan alat andalan masing-masing, cuci kembali pisau cukur tersebut dengan air dan sabun cuci piring sampai hasilnya benar-benar kinclong. Selanjutnya, keringkan dan pisau cukur siap digunakan kembali.