Memiliki sofa yang bersih dan rapi adalah dambaan setiap orang, namun seringkali kenyataan tidak seindah harapan. Salah satu masalah umum yang sering dialami pemilik sofa adalah adanya berbagai macam noda. Mulai dari noda makanan, tumpahan minuman, atau bahkan coretan pulpen yang sulit dihilangkan.

Meskipun tampak sepele, coretan ini bisa merusak tampilan sofa dan membuatnya terlihat kotor dan tidak terawat. Namun membersihkan coretan pulpen ini kerap jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, tinta pulpen mengandung pigmen kuat yang mudah meresap ke dalam serat kain sofa. Ketika tinta menembus permukaan sofa, terutama jika materialnya berpori atau berbahan kain, ia akan menyebar dan menempel kuat.

Hal tersebut tentu membuat prosess pembersihannya harus lebih ekstra. Jika tidak, proses pembersihannya justru bisa memperkuat noda tersebut. Menggosok noda dengan keras, misalnya, justru akan menyebarkan tinta lebih dalam ke serat kain. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara yang tepat dalam menangani coretan pulpen pada sofa agar noda bisa dihilangkan tanpa merusak material sofa itu sendiri.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @mamranny pernah membagikan trik khusus dalam membersihkan coretan pulpen di sofa. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Nah, salah satu di antaranya berasal dari dapur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @mamranny pada Minggu (1/9), bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring. Selain itu juga memanfaatkan detergen cair yang memiliki daya bersih tinggi. Kedua campuran bahan ini bisa membantu menghilangkan noda tanpa merusak serat kain di sofa. Nggak cuma itu, metode ini juga sangat praktis karena kamu tak perlu repot-repot menjemur sofa.

 

© Instagram

Nahh, caranya pun cukup mudah. Campur sabun cuci piring dan detergen cair terlebih dahulu. Setelah itu, langsung oleskan ke bagian sofa yang terkena noda pulpen. Jika sudah dioles, diamkan dulu selama 30 menit agar sabunnya meresap ke dalam serat kain.

© Instagram

Selanjutnya, gosok-gosok sofa yang terkena coretan pulpen menggunakan sikat gigi bekas. Karena sabunnya sudah meresap, maka noda pulpen akan dengan mudah terangkat dari sofa. Lakukan proses ini sampai noda pulpennya benar-benar hilang.

© Instagram

Kemudian, siapkan kain lap yang sudah dibasahi air. Lalu lap permukaan sofa tadi menggunakan kain basah tersebut. Jika sudah, lanjut lap menggunakan kain kering untuk menyerap sisa air dan sabun yang masih menempel di sofa. Dengan begitu, sofa jadi kembali bersih.

© Instagram

Namun jika ingin lebih kering, kamu bisa mengangin-anginkan sofa menggunakan kipas. Atau bisa juga dikeringkan menggunakan hair dryer jika ada. Karena permukaannya tidak terlalu basah, maka sofa bisa kering dengan cepat tanpa perlu dijemur lagi.

Gimana? Cukup mudah bukan? Trik membersihkan sofa dari coretan pulpen bisa kamu tiru di rumah. Selain praktis dan cepat, cara ini juga mudah dipraktikkan karena bahan pembersih yang dibutuhkan juga gampang didapat.