Setelah masak, dapur terkadang jadi super kotor. Misalnya di area kompor, meja dapur, dan lain-lain bisa saja terkena cipratan minyak atau bahan makanan lain. Jika tak segera dibersihkan, semua noda bekas makanan tersebut bisa membandel dan menyebabkan dapur jadi bau, lho.

Di pasaran, memang sudah banyak dijual produk pembersih khusus untuk dapur. Tetapi, harga produk khusus seperti itu biasanya kurang ramah dengan kantong. Hal ini juga dijelaskan oleh pengguna akun TikTok @rumah.ibu0.

 

TikTok/@rumah.ibu0

Ia mengaku, di waktu lampau masih rutin membeli produk khusus pembersih dapur. Namun, kini ia sudah nggak perlu beli lagi karena sudah punya cara andalan untuk bersihkan noda bekas makanan di kompor atau meja dapur. Usut punya usut, ia hanya membutuhkan satu bahan dapur untuk mempraktikkan cara ini, lho.

"Tapi setelah pakai cara ini aku jadi jauh lebih hemat dan nggak perlu beli-beli cairan itu lagi," tegasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @rumah.ibu0 pada Senin (26/8).

TikTok/@rumah.ibu0

Buat kamu yang tertarik mencoba triknya di rumah, siapkan dulu 1 botol spray atau semprotan. Kemudian, masukkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam botol tersebut. Yup, sabun cuci piring inilah bahan utama untuk membuat racikan pembersih dapur ini.

Selanjutnya, masukkan air bersih agak banyak. Perbandingan sabun cuci piring dan air ada di angka 1:7. Setelah itu, tutup botol spray dan kocok agar sabun tercampur rata dengan air.

TikTok/@rumah.ibu0

Langsung semprotkan racikan pembersih yang sudah dibuat ke area dapur yang kotor. Kamu bisa menyemprotkannya pada permukaan kompor, keramik, meja, kursi, dan area lain. Bahkan, kamu juga bisa menghilangkan noda selain bahan makanan dengan racikan ini, lho.

"Bahkan bekas pensil di tembok juga bisa hilang," imbuh pemilik akun TikTok @rumah.ibu0.

Usai diaplikasikan, gosok-gosok area yang sudah disemprot dengan racikan pembersih pakai kain atau tisu sampai kesat dan kinclong.