Selain sambal dan kerupuk, ada makanan lain yang kerap jadi lauk tambahan dalam seporsi makanan. Salah satu yang kerap jadi pilihan adalah perkedel jagung. Gorengan satu ini juga cocok dijadikan camilan, lho. Apalagi jika teksturnya sengaja dibuat renyah, dijamin auto jadi rebutan.

Namun, banyak orang masih gagal saat mencoba membuat perkedel jagung yang renyah. Kadang-kadang, hasilnya jadi terlalu berminyak dan renyahnya hanya bertahan sebentar. Nggak heran kalau, banyak trik seputar bikin perkedel jagung seliweran di media sosial.

Salah satu triknya, adonan perkedel jagung bisa dicampurkan dengan sedikit baking soda terlebih dahulu sebelum digoreng. Baking soda dikenal bisa bantu tekstur perkedel jagung jadi lebih renyah, lho. Tetapi jika kamu nggak punya baking soda, kamu bisa meniru trik yang dibagikan Chef Martin Praja.

Lewat akun Instagramnya, Chef Martin mengatakan ia punya trik goreng perkedel jagung yang ampuh bikin renyah tahan lama. Menurutnya, ada satu bahan dapur lain yang bisa kamu tambahkan. Alih-alih menggunakan baking soda, ia justru menggunakan bahan lain biar menghasilkan perkedel jagung yang renyah maksimal.

 

© Instagram/@martinpraja

Sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu sebuah mangkuk. Kemudian, masukkan jagung ke dalamnya. Martin menjelaskan, ia lebih senang menggunakan 1 bonggol jagung pipil yang butirannya utuh dan 1 bonggol jagung serut. Alhasil, tekstur jagung pada perkedel buatannya nanti masih terasa utuh.

© Instagram/@martinpraja

Lalu, campurkan jagung dengan aneka bahan seperti terigu, merica, bawang putih bubuk, garam, dan gula pasir. Nah, ini dia kuncinya, Martin juga menambahkan sedikit tepung beras supaya perkedel jagung nantinya bisa renyah tahan lama.

"Selain garing tahan lama, gue juga nambahin aromatik dari daun jeruk dan seledri," timpalnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @marinpraja pada Kamis (15/8).

Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan aduk rata. Martin menggunakan 5 sdm air saja, sehingga tekstur adonannya jadi cukup kental.

© Instagram/@martinpraja

Setelah adonan jadi, siapkan wajan berisi minyak dan panaskan di atas api sedang. Saat minyak sudah benar-benar panas, baru goreng adonan perkedel jagung hingga matang. Martin mengatakan, proses menggoreng cukup dilakukan selama 7 menit untuk menghasilkan perkedel jagung yang renyah.

© Instagram/@martinpraja

Saat bagian bawah perkedel jagung kecokelatan, jangan lupa dibalik biar matangnya merata. Jika sudah matang sempurna, angkat perkedel jagung dan tiriskan sebelum disajikan. Gimana, hasilnya kelihatan menggugah selera banget, kan?