Perkedel bisa dibuat dari berbagai bahan, tapi kentang tetap jadi favorit banyak orang. Selain rasanya enak, kentang juga mudah didapatkan di pasar. Kelebihan lainnya, kentang memberikan tekstur lembut pada perkedel saat dimakan. Jadi, tak heran jika perkedel kentang sering jadi pilihan menu di berbagai rumah.

Perkedel kentang bisa dimakan begitu saja atau dijadikan lauk pendamping berbagai hidangan. Karena terbuat dari kentang yang kaya karbohidrat, perkedel ini bisa membuat perut terasa kenyang. Oleh karena itu, perkedel sering dijadikan makanan praktis yang tetap mengenyangkan.

Membuat perkedel kentang pun cukup mudah. Setelah kentang direbus sampai matang, kamu tinggal menghaluskannya dan mencampurkannya dengan bumbu. Setelah diaduk rata dan dibentuk, biasanya perkedel dicelupkan ke dalam kocokan telur sebelum digoreng. Langkah ini dilakukan supaya perkedel tidak hancur saat digoreng.

Namun, terkadang kocokan telur yang tersisa sering terbuang percuma. Agar telur tidak terbuang sia-sia, ada trik praktis yang bisa kamu coba. Salah satu warganet di YouTube, ARBA FAMILY, membagikan resep perkedel kentang yang tidak perlu dibalut telur. Meski begitu, perkedel tetap padat dan tidak mudah hancur saat digoreng. Mau tahu caranya?

© 2024 YouTube/ARBA FAMILY

Dilansir BrilioFood dari YouTube ARBA FAMILY pada Selasa (29/8), kupas dan cuci bersih kentang yang akan digunakan. Jika sudah, potong-potong lalu rebus kentang sampai matang dan empuk. Haluskan kentang rebus pakai ulekan.

© 2024 YouTube/ARBA FAMILY

Goreng irisan bawang putih dan bawang merah. Jika warnanya sudah kecokelatan, angkat. Ulek kedua bahan satu ini sampai halus.

© 2024 YouTube/ARBA FAMILY

Setelah itu, masukkan bawang yang sudah halus ke dalam kentang. Tambahkan penyedap rasa dan merica bubuk. Nggak cuma itu, ia juga menambahkan 4 sdm tepung beras.

"Tepung beras ini jadi pengikat perkedel biar nyatu dan nggak pecah saat digoreng nantinya," jelasnya.

© 2024 YouTube/ARBA FAMILY

Aduk merata adonan perkedel. Kalau sudah, ambil adonan sedikit lalu bulatkan pakai tangan. Lakukan proses ini sampai semua adonan habis.

Masukkan perkedel ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Tunggu beberapa saat sampai perkedel kering dan matang.

"Jangan sering dibolak-balik biar perkedelnya nggak hancur," ungkapnya lebih lanjut.

© 2024 YouTube/ARBA FAMILY

Kalau sudah tampak matang dan kecokelatan, baru balikkan perkedel. Goreng sampai seluruh sisinya matang. Terakhir, angkat perkedel kentang jika kedua sisinya sudah matang. Tunggu beberapa saat sampai kandungan minyaknya berkurang. Perkedel siap untuk disajikan.