Menggunakan toples bekas sebagai wadah makanan adalah praktik yang semakin umum dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini bukan hanya ekonomis tetapi juga ramah lingkungan, membantu mengurangi limbah plastik dan kaca. Toples bekas dari selai, saus, atau kopi, bisa digunakan kembali untuk menyimpan berbagai jenis makanan, mulai dari bahan kering seperti biji-bijian dan kacang-kacangan hingga makanan cair seperti sup dan saus.

Dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada, kamu juga bisa menghemat uang dan memberikan solusi penyimpanan yang praktis. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan toples bekas untuk menyimpan makanan juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satu masalah utamanya adalah bekas stiker yang menempel. Stiker ini tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi estetika toples yang digunakan.

Untuk menghilangkan stiker pada toples bekas ini, sejumlah orang biasanya akan menariknya begitu saja. Dalam beberapa kasus, stiker memang bisa dengan mudah dilepas. Namun tak jarang lapisan toples justru jadi kotor karena masih ada sisa lem yang menempel. Jika dibiarkan, sisa lem justru dapat menarik kotoran dan debu, sehingga toples jadi tampak kusam.

 

© Instagram/@liriheckaa

Supaya stiker pada toples bisa terlepas sempurna, kamu bisa menggunakan cara yang dibagikan pengguna TikTok @liriheckaa. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet tersebut mengaku hanya menggunakan satu alat sederhana. Dilansir BrilioFood pada Jumat (20/9), alat yang dimaksud adalah hair dryer atau alat pengering rambut.

© Instagram/@liriheckaa

Jadi, cara pakainya, cukup nyalakan hair dryer terlebih dahulu. Lalu arahkan angin panas yang keluar tepat ke bagian atas stiker. Sembari dipanaskan, tarik stiker secara perlahan menggunakan tangan. Saat ditarik, stiker akan langsung terlepas tanpa menyisakan lem di permukaan toples.

© Instagram/@liriheckaa

Dalam unggahan tersebut, pengguna TikTok @liriheckaa melepas stiker di dua toples kaca. Tak hanya di bagian bodi toples saja, stiker di tutup toplesnya juga bisa terlepas sempurna. Untuk hasil maksimal, lap toples menggunakan tisu agar tidak ada lem yang tersisa. Hal tersebut akan membuat tampilan toples jadi lebih mulus dan bersih.

© Instagram/@liriheckaa

Pada dasarnya, hair dryer adalah alat yang efektif untuk menghilangkan stiker di toples karena memanfaatkan panas untuk melonggarkan perekat stiker. Panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat melembutkan dan meleburkan lem atau perekat yang digunakan pada stiker, sehingga memudahkan untuk mengangkat dan menghapusnya tanpa merusak permukaan toples.

Stiker biasanya menempel kuat pada permukaan toples karena lem atau perekat yang digunakan. Saat hair dryer diarahkan pada stiker dan dihidupkan, panas yang dihasilkan akan diserap oleh perekat. Panas ini menyebabkan molekul dalam perekat menjadi lebih aktif dan cair, sehingga melemahkan daya rekatnya terhadap permukaan toples. Perekat yang melunak menjadi lebih mudah dilepaskan tanpa meninggalkan residu yang sulit dibersihkan.

Nah, setelah beberapa saat dipanaskan, stiker dapat mulai diangkat dari satu ujung. Karena perekat telah melembut, stiker bisa ditarik dengan lebih mudah dan biasanya akan terlepas dalam satu bagian besar, mengurangi kemungkinan stiker sobek menjadi potongan-potongan kecil yang lebih sulit dihilangkan. Ini mempermudah proses pembersihan dan memastikan tidak ada sisa perekat yang tertinggal di toples.