Menggoreng ikan bisa menjadi tantangan besar bagi banyak orang. Tidak hanya membuat dapur menjadi kotor, menggoreng ikan yang sering kali menghasilkan cipratan minyak panas juga bisa menyebabkan luka bakar pada kulit. Banyak orang merasa was-was setiap kali harus menggoreng ikan, sehingga mencari berbagai cara untuk mengurangi atau bahkan menghindari cipratan tersebut.

Penyebab utama terjadinya cipratan minyak saat menggoreng ikan, yakni karena kadar air yang terdapat pada permukaan ikan. Saat air bertemu dengan minyak panas, terjadilah reaksi yang menyebabkan minyak tersebut meletup dan memercik. Oleh karena itu, memastikan ikan dalam keadaan kering sebelum digoreng adalah langkah pertama yang bisa dilakukan.

Menggunakan tisu dapur untuk menyerap kelebihan air pada ikan bisa sangat membantu mengurangi cipratan minyak. Selain memastikan ikan kering, sebagian orang terkadang juga menambahkan bahan lain seperti tepung atau jahe ke dalam minyak. Kedua bahan ini dinilai bisa menyerap kelembapan pada ikan, sehingga meminimalisir adanya cipratan minyak. Oleh sebab itu, kedua bahan ini sering diandalkan.

Tapi selain menggunakan tepung atau jahe, kamu juga bisa mengandalkan bahan lain, lho. Seorang pengguna TikTok @ummu_balqis_haura pernah membagikan cara mengurangi cipratan minyak saat menggoreng ikan menggunakan satu bahan dapur. Dilansir BrilioFood pada Senin (30/9), bahan dapur yang dimaksud adalah jeruk nipis.

 

© TikTok/@ummu_balqis_haura

Jadi saat hendak menggoreng ikan, kamu bisa memanaskan minyak goreng terlebih dahulu. Jika sudah panas, ambil satu iris jeruk nipis dan peras airnya di atas minyak. Mulanya, air jeruk nipis akan menimbulkan cipratan minyak cukup banyak, namun sesaat setelahnya, cipratan akan mereda dan minyak jadi lebih tenang.

© TikTok/@ummu_balqis_haura

Jika sudah tenang seperti itu, langsung masukkan ikan yang hendak digoreng. Setelah itu, goreng seperti biasa sampai matang. Menurut pengguna TikTok @ummu_balqis_haura, air jeruk nipis ini bisa mengurangi cipratan minyak saat menggoreng ikan karena kandungan asamnya.

"Kandungan asam dari jeruk nipis membantu menghilangkan kelebihan air yang menjadi penyebab letupan ketika air bercampur dengan minyak panas," jelas TikTok @ummu_balqis_haura.

© TikTok/@ummu_balqis_haura

Memang dalam video tersebut, minyak yang dipakai menggoreng ikan tampak lebih tenang. Oleh sebab itu, pengguna TikTok @ummu_balqis_haura membolak-baliknya dengan mudah dan menggoreng ikan sampai matang sempurna. Selain bikin minyak lebih tenang, air jeruk nipis ini juga bikin minyak nggak bau amis ketika dipakai menggoreng ikan, lho.

Penggunaan tepung atau lapisan pelindung lainnya juga bisa membantu. Melapisi ikan dengan tepung atau adonan sebelum digoreng tidak hanya memberikan tekstur yang lebih renyah, tetapi juga membantu menahan air di dalam ikan sehingga mengurangi cipratan minyak. Menggoreng dengan api sedang juga dianjurkan untuk menghindari minyak yang terlalu panas dan bergejolak. Dengan beberapa trik sederhana ini, menggoreng ikan bisa menjadi proses yang lebih aman dan menyenangkan.

Telah ditonton lebih dari 145 ribu kali, video tentang cara mengurangi percikan minyak saat menggoreng ini sontak menuai perhatian warganet. Siapa sangka, banyak pengguna TikTok lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan. Sebagian besar warganet ini bahkan membagikan saran lain dalam menggoreng ikan agar lebih aman.

“Kalau xda limau buh asam keping pun boleh. Lagi2 nak goreng ikan keli," papar TikTok @mitsukifriday239.

“Klo aku taburin tepung dikit sama cemplungin jahe sejempol," sahut TikTok @biasa967.

“Kalo emak gua ditutup pake tutup panci kecil biar gak keluar²," kata TikTok @sanskuyy46.

"Pertama panas In minyak sampe bener2 panas terus celup In ikan abis itu kecilin api setelah bener2 dipastikan gak lengket baru gedein api sedikit goreng ampe Mateng, simple saya selalu pake cara ini," tulis akun TikTok @sillage_xy.